Nadiem Makarim Bakal Jadi Menteri, Ini Fakta Sang Ayah yang Jarang Orang Tau
Moneysmart.id

4 weeks ago

Nadiem Makarim Bakal Jadi Menteri, Ini Fakta Sang Ayah yang Jarang Orang Tau

Nama pendiri Gojek Nadiem Makarim sontak mendapat sorotan usai diundang Presiden Joko Widodo ke Istana Negara, Senin kemarin. Besar kemungkinan, Nadiem bakal menduduki salah satu kursi menteri di kabinet Jokowi. Bersamaan dengan itu, nama Nono Anwar Makarim yang gak lain adalah ayah Nadiem ikut jadi buah bibir di media.

Sama seperti putranya, sosok Nono Anwar juga sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Nono bukanlah seorang entrepreneur top seperti putranya, melainkan dikenal sebagai aktivis dan praktisi hukum.

Ingin tahu sekilas fakta mengenai ayah pendiri Gojek ini? Simak ulasannya yuk.

1. Lulusan UI yang akhirnya lanjut ke Harvard

Nono Makarim. (Makarim.com)

Salah satu kesamaan antara Nono dan putranya, Nadiem Makarim, adalah sama-sama lulusan Harvard. Namun bedanya adalah, gelar S1 Nono Anwar diraih pada tahun 1973 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Selama menjadi mahasiswa, Nono bergabung dalam Ikatan Mahasiswa Djakarta (IMADA). Setelah menyelesaikan pendidikannya di UI, dia menjadi fellow researcher di Harvard Centre for International Affairs.

Gelar master hukum (LLM) diraihnya pada tahun 1975 dari Harvard Law School. Tiga tahun kemudian, dia meraih titel doctor judicial science di kampus yang sama.

2. Pernah jadi wartawan

Harian Kami yang pernah dikelola Nono di era 60-an. (kominfo.go.id)

Ayah Nadiem Makarim ini memang terkenal di dunia hukum. Tapi jangan salah lho, dia juga pernah jadi kuli tinta.

Nono Anwar ternyata pernah menjadi Pimpinan Redaksi alias Pemred di Harian Kami. Buat kamu yang gak pernah dengar, surat kabar ini muncul gak lama setelah peristiwa Gerakan 30 September.

Surat kabar ini akhirnya dibredel di tahun 1974 usai peristiwa Malari. Nono menjabat sebagai Pemred pada tahun 1966 hingga 1974.

3. Mempekerjakan Hotman Paris

Hotman Paris Hutapea di kantor Makarim & Taira S. (Instagram/@hotmanparisofficial)

Sepak terjang Nono Anwar Makarim memang terlihat jelas di kantor hukum dan bekerja bersama Hotman Paris. Tapi sebelumnya, dia justru bergabung dengan kantor hukum milik Adnan Buyung Nasution.

Di tahun 1980, barulah dia menggandeng Frank Taira Supit dan segenap kolega-koleganya di Harvard untuk mendirikan Makarim & Taira S.

Dalam biografi Hotman Paris Hutapea, Hotman ternyata pernah bekerja di Bank Indonesia sebelum akhirnya bergabung di Makarim & Taira S. Hotman sendiri sempat bercerita di media bahwa dirinya pernah berjumpa dengan Nadiem Makarim kecil saat bekerja di sana.

“Law firm Makarim dan Taira adalah law firm top dunia di mana aku membawahin 125 lawyer dan puluhan bule! Bukti bukan boongan ! Do not keep telling lie about your self ! Nadiem Makarim pendiri Gojek masih amat kecil saat main ke kantor bapaknya yg juga partnerku,” demikian penggalan caption yang ditulis oleh Hotman dalam postingan Instagramnya pada 2 Februari 2018.

Gak nyangka ya, ternyata pengacara sekaliber Hotman pernah bekerja bersama ayahnya Nadiem.

4. Adik kandungnya adalah pensiunan Jenderal TNI

Mayor Jenderal TNI (Purn) Zacky Anwar Makarim. (Tempo)

Dari keluarga Makarim, ternyata gak cuma Nono dan Nadiem Makarim saja yang ngetop. Zacky Anwar Makarim juga cukup terkenal. Siapakah dia?

Mayjen TNI Purn Zacky Makarim merupakan mantan Kepala Badan Intelijen ABRI (BIA) dan Ketua Satgas Panitia Penentuan Pendapat Timor Timur (P3TT).

Zacky sendiri ternyata seangkatan dengan Kivlan Zein, mantan jenderal tersangka dugaan kasus makar pascapemilu.

5. Aktif di berbagai organisasi

Nono Makarim (kanan). (Instagram/@sengivaro)

Sebagai pakar hukum, Nono ternyata aktif di berbagai organisasi dan yayasan. Beberapa di antaranya adalah, Yayasan Bambu Indonesia (1993), Yayasan Biodiversitas Indonesia (1993), dan Yayasan Aksara.

Dalam Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dia juga menduduki kursi Komite Etik.

Nono dan Syafii Ma’rif bergabung dalam organisasi itu sejak tahun 2011. Menurut informasi dari Wikipedia, Nono masih menduduki jabatan ini hingga sekarang.

Itulah sekilas fakta tentang ayah dari Pendiri Gojek Nadiem Makarim. Ternyata luar biasa juga ya jejak kariernya.

Selanjutnya kita akan bahas lagi soal anggota keluarga Makarim yang terkenal di publik, nantikan ulasannya ya!(Editor: Ruben Setiawan)