Bukan Tanpa Sebab, Ini Alasan Botol Minuman Bir Selalu Berwarna Hijau
Okezone.com

4 weeks ago

Bukan Tanpa Sebab, Ini Alasan Botol Minuman Bir Selalu Berwarna Hijau

JIKA Anda familiar dengan minuman bir , maka Anda tak asing lagi dengan kemasan botolnya yang tebal dan berwarna hijau. Botol-botol ini biasanya akan ditempatnya di area yang juga beralkohol.

Tahukah Anda kenapa hal itu semua terjadi? Mulai dari kenapa botol minuman bir itu warna hijau hingga ditempatkan di area yang dingin?

Menjawab hal tersebut, Okezone coba mewawancarai Brewmaster Bali Hai Daniel To dan coba mengungkap kenapa hal itu semua terjadi. Menurut penjelasannya, hal pertama yang mesti diketahui ialah ada tiga musuh utama bir.

Hal pertama adalah temperatur. Bir tidak boleh ditempatkan di area yang panas, karena ini akan membuat kualitas bir menjadi berkurang. Rasa minuman bir akan berubah, tidak sesegar bir yang ditempatkan di area dingin.

Sebelumnya

1

3

"Untuk tempatur ideal, kita biasanya rekomendasikan 5 sampai 7 derajat selsius. Suhu ini sudah bisa menjaga kualitas bir. Kalau memang Anda mau ditempatkan di freezer dengan suhu minus 2 derajat, ya, tidak apa-apa, memang rasanya akan enak, tapi saya nggak begitu rekomendasikan pada mereka yang ingin menikmati bir," ungkapnya saat ditemui di Penny Lane Beer House, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019).

Daniel melanjutkan, musuh bir berikutnya ialah sinar UV matahari. Percaya atau tidak, saat bir kena paparan sinar matahari langsung, ini akan memengaruhi kualitas hops yang ada di dalam bir. Hops ini adalah bahan yang membuat bir terasa pahit di mulut.

Selain dua hal itu, musuh lain dari bir adalah dibuka terlalu lama di udara terbuka. Bir yang teroksidasi udara normal terlalu lama menurut Daniel akan merusak rasa. Bir akan terasa flat di mulut. "Saya sih sarankan 5-15 menit waktu yang dibutuhkan untuk habiskan satu botol bir dengan ukuran 220 ml," sambungnya.

2

3

Nah, setelah Anda tahu musuh bir, maka akan sangat logis kenapa akhirnya botol minuman beralkohol berwarna hijau. Menurut Daniel, itu untuk melindungi bir dari tiga musuh utama tersebut.

"Hops menjadi kunci dari itu semua. Warna hijau pada botol bir mampu meminimalisir risiko yang bisa merusak hops, salah satunya terkait paparan sinar UV langsung. Bir yang enak ialah bir yang kandungan hops-nya terjaga dengan baik," ungkap Daniel.

(dno)

3

3