Wow! Nadiem Makarim Ternyata Keponakan Konglomerat Maher Algadri
Moneysmart.id

4 weeks ago

Wow! Nadiem Makarim Ternyata Keponakan Konglomerat Maher Algadri

Bukan cuma Nono dan Zacky Makarim aja yang memiliki hubungan darah dengan Nadiem Makarim. Maher Algadri pun masih memiliki hubungan dengan pendiri Gojek, Nadiem Makarim.

Sebagian besar dari kamu tentu pernah mendengar nama ini bukan? Maher merupakan putra dari Hamid Algadri, seorang pejuang perintis kemerdekaan Republik Indonesia, keturunan Arab yang gak lain adalah ayah dari ibunda Nadiem Makarim.

Hamid sangat berjasa dalam Perundingan Linggarjati, Renville, dan Konferensi Meja Bundar.

Nah, lewat pernikahannya dengan Zena binti Husein Alatas, Hamid dikaruniai empat anak yaitu Atika (ibunda Nadiem), Maher, Adila Suwarno Soepeno dan Sadik. Pengin tahu lebih banyak seputar fakta menarik tentang Maher Algadri salah satu konglomerat? Yuk simak ulasannya di sini ya sobat MoneySmart.

1. Maher Algadri tergabung dalam Kongsi Delapan Group

Paman dari Nadiem Makarim ini merupakan konglomerat Tanah Air, (Facebook/@Dewi Purnama Hs).

Maher Algadri merupakan seorang entrepreneur sukses, sejumlah media memberitakan bahwa dirinya sempat masuk Forbes di era Orde Baru. Namun pemberitaan soal dirinya di media raksasa itu memang sulit ditemukan.

Maher Algadri salah satu pebisnis yang tergabung di Kongsi Delapan Group alias Kodel Group. Buat kamu yang belum tahu apa itu Kodel Group, merupakan perusahaan konglomerasi yang didirikan Fahmi Idris bersama Aburizal Bakrie, Soegeng Sarjadi, Abdul Latief dan Pontjo Sutowo.

Nah bisnis yang ada di bawah Kodel Group ini bervariasi. Mulai dari agrobisnis, perdagangan, perbankan, perminyakan, industri, investasi dan perhotelan.

Asal kamu tahu, Hotel The Regent alias Hotel Four Season di Setiabudi berada di bawah naungan Kodel Group lho. Bisnis hotel dari perusahaan ini juga gak hanya di Indonesia, melainkan juga di Beverly Hills, California. Maher sendiri juga aktif dalam HIPMI lho.

2. Sahabat Prabowo

Maher merupakan sahabat dari Prabowo Subianto, (Twitter/@aburizalbakrie).

Maher juga anggota Dewan Pembina Partai Gerindra lho. Ia cukup mendapat sorotan pada April 2019, lebih tepatnya pascapilpres 2019.

Usut punya usut, Maher merupakan sahabat dekat dari Prabowo Subianto. Rumah mewahnya yang terletak di Prapanca, Kemang, Jakarta Selatan ini juga sempat menjadi tempat pertemuan antara Gerindra, PAN dan PKS.

Seperti dikutip dari detik.com, Fadli Zon kabarnya pernah mengatakan bahwa Maher dan Prabowo merupakan teman dekat saat masih muda.

Namun gak sedikit juga sih pemberitaan yang menyebut bahwa Maher adalah sahabat Prabowo sejak kecil. Orangtua mereka pun mengenal satu sama lain.

3. Masuk daftar Paradise Paper

Potret paman Nadiem Makarim yang gemar balapan, (Facebook/@Keith Weir).

Tepat November 2017, nama Maher juga masuk dalam daftar Paradise Paper. Paradise Paper adalah sebuah penyelidikan yang menelisik keterlibatan pebisnis papan atas, pimpinan pemerintahan, tokoh di bidang politik, global dan hiburan dalam hal penyembunyian harta kekayaan mereka demi menghindari pajak.

Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa Mamiek Soeharto menduduki jabatan sebagai Wakil Presiden Golden Spike Pasiriaman Ltd dan pemilik dan Pimpinan Golden Spike South Sumatra Ltd. Mamiek pun menjalankan perusahaan ini bersama Maher.

Kedua perusahaan ini didaftarkan di Bermuda pada tahun 1990. Tapi saat ini sudah ditutup. Itulah sekilas fakta mengenai Maher Algadri paman dari Nadiem Makarim. Gak berbeda jauh seperti pengusaha lainnya, Maher juga memiliki hobi mahal yakni balapan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)