Bertemu Prabowo, Sohibul Tegaskan Sikap PKS sebagai Oposisi
Kompas.com

3 weeks ago

Bertemu Prabowo, Sohibul Tegaskan Sikap PKS sebagai Oposisi

|

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) Sohibul Iman bersama sejumlah elite partainya menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Selasa (22/10/2019).

Sohibul tiba di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, sekitar pukul 18.30 WIB.

Ia didampingi Sekjen PKS Mustafa Kamal, Ketua DPP PKS Bidang Polhukam Almuzzammil Yusuf, dan Ketua Departemen Politik PKS Pipin Sopian.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu, Sohibul menegaskan sikap politik PKS yang berbeda dengan Partai Gerindra.

PKS memilih berada di luar pemerintahan dan tetap menjadi oposisi.

"Kami harus menjaga marwah demokrasi kita. Jadi demokrasi itu sejatinya harus ada check and balance , jadi kalau misal teman-teman tidak memilih di luar pemerintahan, biarlah PKS di luar pemerintahan," ujar Sohibul saat memberikan keterangan seusai pertemuan.

Meski berbeda sikap, Sohibul menekankan, partainya akan tetap menjalin komunikasi dengan Partai Gerindra.

Ia menghormati sikap politik Prabowo yang akhirnya bergabung dalam Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Meski pilihan politik kami berbeda, Pak Prabowo memilih untuk di dalam kami tetap di luar, tapi kita tetap saling menghormati dan komunikasi, silaturahim tetap kami jaga," kata Sohibul.

Seperti diketahui, Prabowo telah menyatakan bergabung dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Bahkan, Prabowo memastikan Partai Gerindra mendapat jatah dua menteri dalam kabinet.

Sementara itu, PKS merupakan mitra koalisi Partai Gerindra pada Pilpres 2019 yang mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.