Sultan HB X Sesalkan Kericuhan Terjadi di Stadion Mandala Krida
Merdeka.com

4 weeks ago

Sultan HB X Sesalkan Kericuhan Terjadi di Stadion Mandala Krida

Merdeka.com - Laga pertandingan antara PSIM Yogyakarta dengan Persis Solo yang digelar di Stadion Mandala Krida, Senin (21/10) berakhir ricuh. Selain ricuh di dalam lapangan pertandingan, kericuhan juga merembet hingga ke area luar Stadion Mandala Krida.

Akibat kericuhan ini, sejumlah fasilitas mengalami kerusakan. Diantaranya adalah dua mobil polisi mengalami rusak parah karena dibakar dan dijungkirbalikkan. Selain itu dua motor milik polisi pun juga mengalami kerusakan.

Menanggapi kericuhan yang terjadi di Stadion Mandala Krida, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X pun angkat bicara. Dia mengaku kecewa dengan peristiwa tersebut.

Sultan HB X pun menyayangkan kericuhan yang terjadi. Menurutnya, jika akhirnya terjadi kericuhan berarti sepakbola tak bisa memberikan manfaat.

"Ya kalau (rusuh) seperti ini bukan nonton sepakbola tapi kekerasan. Seperti ini nggak usah ada izin saja. Saya nggak bisa mengatakan melarang (izin pertandingan di Stadion Mandala Krida). Tapi akhirnya kan pertandingan sepakbola itu kan tidak bermanfaat. Karena hanya menelurkan orang-orang yang tidak beradab," tegas Sultan HB X di MMTC, Selasa (22/10).

Sultan HB X menambahkan peristiwa kericuhan yang terjadi di Stadion Mandala Krida seharusnya menjadi pertimbangan bagi Pemkot Yogyakarta.

"Ya nanti jadi pertimbangan hal-hal seperti itu (aksi rusuh suporter). Ya sekarang saja mungkin tidak kena (dampak suporter rusuh), tapi lain waktu bisa terjadi Mandala Krida yang dirusak," ungkap Raja Keraton Yogyakarta ini. [fik]