6 Desain Kreatif untuk Ruang Makan Mungil, Jadi Gak Sempit!
IDN Times

3 weeks ago

6 Desain Kreatif untuk Ruang Makan Mungil, Jadi Gak Sempit!

Melibatkan preferensi pribadi ke dalam desain ruang makan merupakan hal penting untuk diperhatikan. Karena bukan sekadar untuk makan, momen berkumpul bersama keluarga juga sering terjadi di ruang makan. So , nggak salah jika kamu ingin memiliki desain ruang makan yang baik dan sesuai dengan keinginan.

Sayangnya, sering kali keterbatasan ruang menjadi hambatan untuk menciptakan ruang makan yang nyaman. Bagaimana cara yang tepat menata ruang makan mungil? Simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Ruang makan dengan meja makan bundar

Sebagai furnitur wajib ada di ruang makan, pilihan meja makan tentu saja tidak boleh sembarangan. Untuk ruang makan mungil, kamu bisa memilih meja makan berbentuk bundar yang dapat memberikan kesan ruangan lebih lega dan fleksibel. Model ini adalah pilihan yang paling efisien untuk kamu yang memiliki anggota keluarga yang tidak terlalu banyak.

Selain bentuknya, kamu pun perlu memperhatikan material meja makan agar serasi dengan furnitur lainnya. Trik yang cukup krusial diaplikasikan pada rumah mungil dengan konsep open-plan , agar menciptakan kesatuan ruang tanpa sekat.

2. Penggunaan kursi minimalis yang kekinian

Selain meja makan, kursi juga menjadi furnitur penting yang tak boleh terlewat. Jika salah memilih, bisa-bisa ruang makan malah terlihat makin sempit dan kamu justru kesulitan untuk bergerak di area makan. Pada ruangan yang cenderung sempit, furnitur seperti kursi makan minimalis bisa menjadi alternatif pilihan yang ideal.

Model kursi yang bisa dipilih antara lain kursi makan tanpa pegangan, atau biasa disebut dengan kursi stool , yang dapat menghemat ruangan secara lebih maksimal. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kursi berkaki panjang di meja makan.

3. Rak dinding yang hemat ruang

Tentu kamu membutuhkan tempat untuk menyimpan peralatan makan di dekat ruang makan bukan? Nah, untuk ruang makan yang mungil, kamu harus ekstra hati-hati dalam memilih lemari penyimpanan. Lemari yang terlalu besar dapat membuat ruangan terkesan penuh dan sempit.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan rak built-in di dinding ruang makan. Rak dinding dapat menjadi pilihan terbaik untuk menghemat ruangan. Penataan peralatan makan pada rak juga dapat menjadi dekorasi tersendiri di ruang makan, lho.

4. Ilusi dari cermin

Memasang cermin pada ruangan yang mungil memang selalu menjadi solusi yang sempurna. Langkah ini bisa membuat ruangan apapun, termasuk ruang makan, terlihat lebih luas. Apalagi jika kamu memilih cermin dengan skala besar. Selain cermin, furnitur transparan seperti pintu dengan kaca juga bisa memberikan efek yang sama.

Penggunaan cermin atau furnitur tembus pandang dapat membuat ruangan tampak lebih cerah, karena cahaya pun dapat masuk secara lebih maksimal.

5. Ruang makan hangat dengan dekorasi dinding

Selain menambahkan rak, kamu juga perlu memberikan sedikit dekorasi pada dinding ruang makan sebagai pemanis. Tambahkan hiasan dinding favorit, seperti karya seni atau lampu dinding yang dapat membuat ruangan terkesan lebih hangat.

Namun, tetap ingat konsep less is more yang simpel ketika menambah hiasan dinding ya, agar tidak memunculkan kesan penuh atau sumpek.

6. Penggunaan warna-warna yang natural

Permainan cat bisa jadi cara yang paling tepat dalam membuat ruangan yang sempit terasa lebih luas. Warna cat yang sesuai dapat menghidupkan suasana ruangan menjadi lebih nyaman. Warna yang paling tepat untuk ruang makan mungil adalah warna-warna natural seperti putih, abu-abu, pastel, dan krem.

Hal ini dikarenakan warna natural mampu memberikan efek ruangan lebih luas dan membuat cahaya natural dapat memantul ke dalam ruangan secara lebih maksimal.

Sekarang sudah tidak bingung lagi, ‘kan? Manfaatkan enam trik di atas untuk menyiasati ruang makan mungil kamu menjadi lebih nyaman. Dijamin teman yang berkunjung ke rumah bakal betah ngobrol asyik di ruang makan kamu.