Untuk Pertama Kalinya Spacewalk Dilakukan Kru Astronot yang Sepenuhnya Perempuan
VICE Indonesia

4 weeks ago

Untuk Pertama Kalinya Spacewalk Dilakukan Kru Astronot yang Sepenuhnya Perempuan

Untuk pertama kalinya spacewalk di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dilakukan oleh kru yang sepenuhnya perempuan.

Astronot NASA Christina Koch dan Jessica Meir berhasil mencetak sejarah sebagai kru perempuan pertama yang keluar dari stasiun pada Jumat pekan lalu, pukul 8 pagi waktu setempat. Saat itu, mereka dijadwalkan memperbaiki bagian luar pesawat selama lima hingga enam jam.

Kalian bisa menyaksikan perkembangannya di tautan berikut yang sudah dilengkapi komentar-komentar dari NASA. Christina mengenakan seragam bergaris merah, dan kamera helmnya merekam video bertanda 18. Jessica baru pertama kali spacewalk, jadi seragamnya tidak bergaris sama sekali. Rekamannya bertanda 11.

Mereka bertugas mengganti charger baterai yang bermasalah , dan mempersiapkan suku cadang bagian luar stasiun untuk kegiatan Extravehicular (EVA) selanjutnya.

EVA sudah dilakukan sebanyak 221 kali di luar ISS, tapi ini pertama kalinya dalam sejarah kru perempuan melakukan spacewalk.

Momen bersejarah tersebut menarik perhatian publik, dan siaran langsungnya telah ditonton ribuan orang saat artikel ini ditulis. NASA juga aktif menjawab segala pertanyaan di Twitter menggunakan tagar #AskNASA. Komentator dalam siaran langsung khususnya menanggapi siswa sekolah dasar di seluruh Amerika Serikat.

"Banyak perempuan akan merasa termotivasi dari kisah inspiratif orang-orang yang seperti mereka," kata Christina dalam wawancara awal Oktober lalu. "Makanya kisah itu sangat penting diceritakan."

Artikel ini pertama kali tayang di VICE News