Tips Jitu Buat Kamar Anak Lebih Sehat dan Bebas Alergi
Kumparan.com

4 days ago

Tips Jitu Buat Kamar Anak Lebih Sehat dan Bebas Alergi

By Ilustrasi interior kamar bayi. Foto: Shutter stock

Apakah anak Anda sudah siap tidur sendiri, Moms? Jika ya, kini saatnya Anda menata kamar si kecil.

Anda bisa mulai memikirkan warna apa yang cocok untuk kamarnya. Setelah itu, Anda bisa isi kamar anak dengan barang-barang kesayangannya dan tata dengan apik.

Tapi ingat, Moms. Jangan hanya memastikan dekorasinya saja. Anda juga harus memastikan kamar anak sehat dan bebas alergi.

Tujuannya, selain demi kebersihan dan kesehatan, cara ini dilakukan agar kamar anak bersih dan bebas dari hewan pembawa penyakit.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 tips jitu jadikan kamar anak sehat dan bebas alergi:

By ilustrasi kamar anak Foto: Shutterstock

1. Cuci Seprai Secara Teratur

By ilustrasi tempat tidur Foto: Unsplash

Cara pertama adalah Anda harus rajin mengganti seprai anak. Cuci seprai dan selimut setiap minggu secara teratur menggunakan air hangat, Moms.

Dilansir She Knows, menurut sebuah studi yang dilakukan pada 2011, setiap manusia melepas sekitar 500 juta sel kulit per hari. Sel-sel kulit ini dapat menumpuk di seprai dan sarung bantal sehingga menarik tungau untuk memakannya.

2. Ganti Karpet

Setelah mencuci seprai secara teratur, kini saatnya Anda untuk mengganti karpet yang terdapat di kamar anak. Mengapa perlu? Sebab, karpet merupakan salah satu permukaan yang dapat menyebabkan alergi karena sulit dibersihkan. Anda harus membersihkan karpet secara berkala, salah satunya dengan menggunakan pembersih vakum berfilter HEPA.

Tapi Moms, sebenarnya langkah terbaik adalah mengganti karpet dengan lantai berjenis kayu, keramik atau vinil.

3. Usir Tungau dan Kecoak

By Tungau Foto: Pixabay

Moms, tungau menjadi salah satu penyebab alergi anak . Apalagi alergi tungau tak hanya saat hewan ini hidup saja, namun juga ketika sudah mati berikut pula kotorannya.

Tungau tumbuh subur di lingkungan yang lembap dan di daerah yang hangat serta suka tinggal di tempat tidur, bantal, pakaian, karpet dan mainan. Makhluk kecil ini hidup dalam jumlah yang sangat banyak bahkan di rumah yang telah dibersihkan secara menyeluruh. Selain itu, kecoak juga jadi salah satu hewan kotor dan membawa bakteri.

Untuk itu Anda bisa rajin membersihkan barang-barang yang sering digunakan seperti bantal, guling, selimut, karpet. Lalu bila ada bolongan kecil segera tutup agar kecoak tidak bisa menyelinap masuk ke kamar anak, Moms.

4. Pilih Hewan Peliharaan

By Ilustrasi Kucing Foto: Pexels

Selanjutnya adalah memilih hewan peliharaan. Banyak anak yang alergi terhadap hewan khususnya terhadap air liur, kulit mati, urin hingga bulu hewan peliharaan.

Anda bisa mempertimbangkan hewan yang akan dijadikan anggota baru di rumah, Moms. Namun apabila Anda sudah memiliki hewan peliharaan maka Anda sebaiknya menjauhkanya dari kamar tidur anak, rutin memandikan hingga bersihkan kandang secara teratur, Moms.

5. Gunakan Air Purifier

By Ilustrasi Air Purifier. Foto: Shutter Stock

Terakhir, Anda juga bisa menggunakan filter udara, Moms. Dengan alat ini udara yang kotor bisa disaring sehingga menghasilkan aliran udara yang bersih.

Anda bisa membeli air purifier dengan kualitas terbaik yang memiliki HEPA atau high efficiency particulate air . Sebaiknya, gunakan pula air purifier pada malam hari menjelang tidur agar kualitas udara yang dihirup mempengaruhi kerja tubuh.

Nah Moms, setelah melakukan 5 hal di atas, jangan lupa untuk selalu rutin membersikan kamar anak agar si kecil sehat dan bebas dari alergi. Anda bisa menggunakan kain yang sudah dibasahkan untuk membersihkan permukaan seperti kusen jendela, bingkai foto, dan bagian atas pintu serta rutin menyapu dan mengepel lantai kamar anak .