Bandara Baru Syamsudin Noor Siap Beroperasi
Kumparan.com

1 week ago

Bandara Baru Syamsudin Noor Siap Beroperasi

By Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor (dua dari kiri) saat meninjau proyek terminal baru Bandara Syamsudin Noor, Kamis (10/10/2019). Foto: Humpro Kalsel

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor meninjau kembali proyek pengembangan Bandara Syamsudin Noor di Kota Banjarbaru pada Kamis (10/10) siang. Peninjauan dilakukan usai membuka rapat koordinasi kepala daerah bersama seluruh Bupati dan Wali Kota se-Kalsel.

Sahbirin mengajak bupati dan wali kota untuk ikut melakukan peninjauan ke proyek terminal baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Lokasi yang ditinjau bangunan baru bandara, seperti terminal keberangkatan, ruang tunggu, lobi, dan lain-lainnya.

“Pengembangan Bandara Syamsudin Noor jika pembangunannya sudah tuntas alias kelar diyakini akan mampu menggerakan perekonomian daerah,” ucap Sahbirin Noor lewat siaran pers ke banjarhits.id , Kamis (10/10/2019).

By Suasana Bandar Udara Syamsudin Noor. | Foto: Ema Fitriyani/kumparan

Sembari meninjau, Gubernur Sahbirin mengatakan dirinya bersama rombongan ingin memasttikan proyek pengembangan bandara berjalan sesuai rencana. Ia mengungkapkan soft launching terminal baru akan digelar pada pekan kedua November 2019.

Adapun peresmiannya pada Desember 2019 yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Sahbirin menganggumi kemegahan bandara baru yang mengangkat kearifan lokal dengan mengadopsi bentuk permata jika dilihat dari atas.

Untuk akses jalan masuk bandara, ia berjanji segera menyelesaikanya. Apalagi APBD Perubahan tahun 2019 telah dianggarkan Rp 25 miliar. Menurut dia, pertumbuhan ekonomi Kalsel akan meningkat signifikan seiring kelancaran arus barang jasa dan orang.

General Manager Bandara Syamsudin Noor Indah Preastuty mengatakan, progres pengembangan Bandara Syamsudin Noor sudah mencapai 86 persen. Indah pun optimis proyek ini selesai tepat waktu sehingga dapat dinikmati masyarakat.

Ia memastikan status bandara bertaraf internasional sudah diperoleh Syamsudin Noor Banjarmasin. "Ya, untuk status internasional sudah, baru saja September tadi," katanya.