Sejumlah Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat 3 Hari ke Depan
Kumparan.com

1 week ago

Sejumlah Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat 3 Hari ke Depan

By Ilustrasi musim hujan. Foto: Nugroho Sejati/kumparan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi hujan lebat yang akan terjadi dalam tiga hari ke depan (10-12 Oktober 2019) di sejumlah wilayah Indonesia. Dalam siaran pers yang diterima kumparan , Kamis (10/10), BMKG menjelaskan bahwa adanya sirkulasi angin tertutup di Kalimantan bagian Barat.

“Konvergensi (angin ini) memanjang dari Laut Natuna hingga Kalimantan Utara. Daerah belokan angin terdapat di wilayah Sumatera bagian Utara, Kalimantan, Sulawesi bagian Tengah, Maluku Utara dan Papua Barat. Low level jet dengan kecepatan angin lebih dari 25 knot terdapat di Australia bagian Utara,” beber BMKG.

Menurut prakiraan cuaca BMKG berdasarkan hasil pemantauan mereka, beberapa wilayah seperti Banten, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah berpotensi mengalami hujan lebat pada hari ini (10/10). Esok harinya (11/10), Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah juga berpotensi mengalami hujan lebat. Sementara untuk lusa (12/10), wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat adalah Kalimantan Barat dan Sulawesi Tengah.

By Ilustrasi saat Hujan. Foto: Sauerlaender/pixabay

“Sementara itu, wilayah Indonesia lain yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Jawa Barat, Jabodetabek, Kalimantan Barat, dan Papua berpotensi diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini (10/10),” jelas BMKG.

Esok harinya (11/10), Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Jawa Barat, dan Papua juga berpotensi diterpa hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang dan kilat/petir. Dan untuk lusa (12/10), kondisi ini berlaku untuk Aceh, Riau, Jambi, Jawa Barat, dan Papua.

Dari informasi ini, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai angin kencang serta petir/kilat dalam tiga hari ke depan secara berturut-turut. Wilayah-wilayah tersebut adalah Jawa Barat, Aceh, Riau, Jambi, dan Papua.

BMKG mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang. BMKG juga berharap warga setempat mau mempersiapkan diri mereka sendiri dengan peralatan untuk mengantisipasi hujan.

By Ilustrasi hujan Foto: Pixabay

Berikut ini rincian wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat berdasarkan info di atas dalam bentuk listicle pengelompokkan untuk lebih memudahkan pembaca menyerap informasi ini.

Potensi hujan lebat Kamis (10/10): Banten, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah

Potensi hujan lebat Jumat (11/10): Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah

Potensi hujan lebat Sabtu (12/10): Kalimantan Barat dan Sulawesi Tengah.

**

Potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir/kilat Kamis (10/10): Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Jawa Barat, Jabodetabek, Kalimantan Barat, dan Papua

Potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir/kilat Jumat (11/10): Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Jawa Barat, dan Papua

Potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir/kilat Sabtu (12/10): Aceh, Riau, Jambi, Jawa Barat, dan Papua.