Menteri Yohana: Perempuan Harus Bangkit, Saya Sudah Tunjukkan Pimpin Kementerian
Kompas.com

1 week ago

Menteri Yohana: Perempuan Harus Bangkit, Saya Sudah Tunjukkan Pimpin Kementerian

|

WAROPEN, KOMPAS.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise meminta kaum perempuan bangkit dan menunjukkan potensi mereka sebagai pemimpin.

Yohana mencontohkan dirinya sendiri yang selama lima tahun berhasil memimpin sebuah kementerian. Ia meminta para perempuan mencontoh semangat kepemimpinan itu.

Hal ini Yohana sampaikan saat mewisuda puluhan ibu-ibu warga Waropen yang menjadi peserta didik sekolah perempuan Waropen, Kamis (10/10/2019).

"Sudah saatnya kita berubah, bangkit, tunjukkan kepada laki-laki, tunjukkan pada masyarakat dan yang lain-lainnya bahwa kita perempuan juga bisa," kata Yohana.

"Saya sudah tunjukkan di kementerian, pimpin kementerian besar itu. Kalian juga bisa bangkit dan pimpin," tuturnya.

Yohana mengatakan, saat ini sudah bukan eranya perempuan berdiri di belakang laki-laki, sudah bukan saatnya perempuan hanya sibuk dengan urusan dapur.

Perempuan, kata Yohana, punya kekuatan yang setara dengan laki-laki, yang jika digali dan ditunjukkan, besar potensinya menjadi pemimpin.

"Makanya sebagai menteri perempuan saya minta bangkit, kita punya potensi, kita buat apa saja untuk menyumbangkan income keluarga," ujar Yohana.

Yohana menambahkan, sudah saatnya para istri hidup tidak hanya mengandalkan pendapatan suami mereka.

Para istri, kata dia, juga harus bisa menghasilkan uang sendiri melalui potensi mereka.

"Jangan harap suami itu gaji. Suami kalau dia kasih boleh, kalau dia tidak berhasil kenapa harus pusing. Kita bisa buat kita punya sendiri," kata dia.