AHY Mengecam Penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto
Kompas.com

4 days ago

AHY Mengecam Penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto

|

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengecam penusukan terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019).

Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat ini menegaskan, penyerangan secara fisik terhadap siapa pun tidak dapat dibenarkan.

Apalagi, kata dia, sampai mengancam jiwa dan nyawa seorang pejabat negara.

"Saya mengutuk keras peristiwa penusukan Menko Polhukam di Pandeglang, Banten pada siang ini. Saya meminta aparat kepolisian untuk melakukan investigasi mendalam dan memberikan hukuman kepada para pelaku," tulis AHY dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com.

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga stabilitas politik dan keamanan di tanah air dari Sabang sampai Merauke.

"(Pengancaman) nyawa siapa pun tidak dibenarkan, sehingga kita juga membantu pemerintah dalam upaya melindungi seluruh rakyat Indonesia, dari Aceh hingga Papua," katanya.

Sebelum diberitakan, Menko Polhukam Wiranto ditusuk orang tak dikenal di Alun-alun Menes, Banten.

Penusukan terhadap Wiranto terjadi setelah dirinya turun dari mobil sport utility vehicle (SUV) Toyota Land Cruiser Prado.

Saat itu, Wiranto yang mengenakan batik berwarna gradasi hijau dan biru baru saja meresmikan gedung Universitas Mathla'ul Anwar.

Namun, ketika berada di samping SUV hitam buatan Toyota dan hendak bersalaman, purnawirawan Jenderal TNI tersebut langsung diserang oleh seorang tak dikenal. Wiranto mengalami 2 luka tusuk di bagian perut.

Sehabis kejadian, Wiranto pun langsung dimasukkan ke mobil dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Berkah untuk mendapat perawatan. Selanjutnya, Wiranto dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.