Kristalina Georgieva Bos IMF yang Baru dengan Gaji Rp 6,6 Miliar!
Moneysmart.id

1 week ago

Kristalina Georgieva Bos IMF yang Baru dengan Gaji Rp 6,6 Miliar!

International Monetary Found (IMF) atau dalam bahasa Indonesianya adalah Dana Moneter Internasional kini memiliki bos baru, Kristalina Georgieva. Kristalina Georgieva menggantikan posisi Christine Lagarde yang udah menjabat selama kurang lebih 8 tahun. Kristalina Georgieva memiliki gaji mencapai Rp 6,6 miliar lho sebagai bos IMF.

“Prioritas utama saya untuk IMF adalah membantu anggota meminimalkan risiko krisis dan siap untuk menghadapi penurunan jika terjadi. Prioritas utama saya untuk IMF adalah membantu anggota meminimalkan risiko krisis dan siap untuk menghadapi penurunan jika terjadi,” ucap Kristalina, mengutip dari Antara .

Proses pemilihannya sendiri disetujui oleh negara anggota Uni Eropa dan merupakan satu-satunya calon yang mengajukan diri sebagai Direktur Pelaksana IMF. Ia telah mulai menjabat terhitung semenjak tanggal 1 Oktober 2019 lalu.

IMF sendiri merupakan salah satu lembaga internasional yang memiliki relasi baik dengan pemerintah Indonesia khususnya Kementerian Keuangan. Pada tahun 2018 lalu IMF sempat mengadakan pertemuan tingkat dunia bersama Bank Dunia di Bali yang dihadiri 3.500 delegasi dari 189 negara di seluruh dunia.

Tentu dengan hadirnya pimpinan baru IMF diharapkan bisa meningkatkan hubungan antara kedua pihak ini lagi kedepannya. Nah daripada berpanjang lebar lagi mending kita lihat aja yuk profil tentang Kristalina Georgieva yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional berikut ini:

Kristalina Georgieva merupakan lulusan University of National and World Economy di Bulgaria

Kristalina Georgieva merupakan lulusan University of National and World Economy di Bulgaria, (Wikipedia).

Mengutip dari website IMF , posisi strategis yang dijabatnya dalam beberapa tahun belakangan ini bukan tanpa sebab, salah satu faktornya adalah karena ia sempat menuntut ilmu di University of National and World Economy di Bulgaria. Kampus di mana Kristalina mengemban studinya dulu namanya Karl Marx Higher Institute of Economics sampai pada tahun 1990.

Perempuan kelahiran 66 tahun silam di Sofia, Bulgaria ini menuntaskan jenjang S1 hingga S3 di Universitas tersebut. Terakhir ia mengambil jurusan Ilmu Ekonomi untuk gelar Ph.D serta Magister ilmu Politik Ekonomi dan Sosiologi.

Selama berkuliah Kristalina \sukses membuat 100 paper akademis, thesis berjudul “Environmental Protection Policy and Economic Growth in the USA” dan buku yang bertema Ekonomi Mikro.

Karier Kristalina dimulai dari seorang Asisten Profesor di kampus

Karier Kristalina dimulai dari seorang Asisten Profesor di kampus, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kerja keras dan tekad yang kuat dari Kristalina di bidang akademis nampaknya bisa terlihat dari profesi awalnya ketika menjadi seorang Asisten Profesor di kampus dalam rentang waktu 1977 hingga 1993.

Barulah di tahun 1993, perempuan berzodiak Leo ini menjajaki karier di dunia internasional dengan bergabung Bank Dunia sebagai Pengamat Ekonomi Lingkungan untuk wilayah Eropa dan Asia Tengah. Sampai pada akhirnya ia menduduki kursi Direktur Departemen Lingkungan Bank Dunia.

Selanjutnya Kristalian melanjutkan profesinya sebagai Director and Resident Representative in the Russian Federation di Moskow dari tahun 2004 hingga 2007. Dari tahun 2010 sampai 2016 ia sempat menjadi Komisioner di Uni Eropa untuk berbagai bidang mulai dari bantuan kemanusiaan, kerjasama internasional hingga sumber daya manusia.

Barulah pada 2017 ia didaulat menjadi Presiden Bank Dunia. Perjalanan karier yang cukup panjang dan membanggakan ya bagi perempuan 66 tahun.

Direktur Pelaksana IMF dibayar sebesar US$ 468 ribu

Jadi Direktur Pelaksana IMF dibayar sebesar US$ 468 ribu, (Ilustrasi/Shutterstcok).

Sebagai orang memiliki peran sentral di IMF, Kristalina Georgieva tentu bakal mendapatkan berbagai macam tunjangan, fasilitas serta gaji yang sangat fantastis. Angkanya mencapai US$ 468 ribu atau setara Rp 6,6 miliaran.

Nah itulah sedikit informasi tentang Kristalina Georgieva yang bakal menjabat sebagai Direktur Pelaksana IMF dalam beberapa tahun ke depan. Nah, kalau kamu bercita-cita duduk di kursi IMF gak ada salahnya nih sejak dini mulai memikirkan pendidikan mu. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)