7 Aplikasi untuk Mengubah Font di Android, Coba dan Praktikkan yuk!
IDN Times

1 week ago

7 Aplikasi untuk Mengubah Font di Android, Coba dan Praktikkan yuk!

Kamu pemilik smartphone dengan OS Android? Kamu pantas merasa beruntung! Sebab, kamu bisa mengutak-atik dan mengkustom gadget sesuai keinginanmu. Salah satu perubahan yang bisa dilakukan adalah mengubah bentuk font. Hal ini bisa kamu lakukan untuk menghindari kebosanan dan agar tampilan gadget menjadi lebih fresh.

Kamu ingin mengubah font, tetapi bingung harus memulai dari mana? Coba gunakan launcher atau aplikasi di bawah ini! Simak dan praktikkan, ya!

1. Apex Launcher

Kamu bisa mendapatkan Apex Launcher di Google Playstore. Aplikasi ini merupakan launcher yang cukup terkenal dan berhasil memperoleh lebih dari 10 juta unduhan. Perlu diingat bahwa ada fitur-fitur di dalam Apex Launcher yang terkunci dan hanya bisa terbuka apabila kita melakukan pembayaran.

Cara mengubah font dengan Apex Launcher cukup mudah. Pertama, pilih menu Pengaturan di dalam aplikasi. Lalu, pilih Home Screen > Layout and Style > Label Font. Kemudian, pilih font yang kamu inginkan untuk ditampilkan di layar beranda ( home screen ), ujar Android Authority memberikan saran.

2. GO Launcher EX

Apex Launcher bukan satu-satunya aplikasi yang bisa dicoba. Kamu juga bisa mencoba GO Launcher EX yang bisa diunduh di Google Playstore. Karena sudah terpercaya, GO Launcher EX berhasil meraih lebih dari 100 juta unduhan. Bukan hanya mengubah tema dan wallpaper, tetapi juga mengganti font!

Laman Android Authority memberikan langkah-langkah untuk mengubah font di Android kita. Pertama, salin file font TTF atau OTF ke smartphone milikmu. Lalu, tekan lama layar beranda dan pilih Pengaturan GO > Font. Setelahnya, pilih font sesuai keinginanmu. Opsi ini tidak akan mengubah keseluruhan font, tetapi akan mengubah sebagian besar menu.

3. Action Launcher: Pixel Edition

Selain itu, kamu juga bisa mencoba Action Launcher: Pixel Edition. Aplikasi launcher satu ini cukup populer dan berhasil meraih lebih dari 5 juta unduhan di Google Playstore. Dengan Action Launcher, kamu tak hanya bisa mengubah tema, wallpaper atau home screen, tetapi juga font yang kita gunakan, lho!

Caranya terbilang simpel dan mudah dipraktikkan. Pertama, masuk ke Pengaturan Action Launcher. Lalu, pilih Appearance > Font. Pilih font yang ingin kamu gunakan and we are done! Mudah sekali kan? Default font bawaan dari gadget- mu akan berganti.

4. Smart Launcher 5

Masih banyak aplikasi yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah Smart Launcher 5 yang bisa kamu unduh di Google Playstore. Aplikasi ini dirilis pada 11 Juli 2012 dan berhasil meraih lebih dari 10 juta unduhan. Dengan Smart Launcher 5, tema, layar kunci dan layar beranda akan berubah menjadi lebih fresh. Kamu juga bisa mengganti font, lho!

Mengubah font di Smart Launcher 5 pun tak kalah mudah. Pertama, masuk ke pengaturan Smart Launcher 5. Lalu, pilih Global Appearance > Font. Pilih font yang ingin kamu gunakan. Font standar yang biasa kamu pakai akan berubah dengan sekejap!

5. iFont

Berbeda dengan empat aplikasi sebelumnya, iFont bukanlah launcher. iFont adalah aplikasi khusus yang bisa digunakan untuk mengubah font di Android. Beberapa merk smartphone memerlukan root, tapi ada juga yang tidak. Pada perangkat yang tidak di- root , pilih tab Online iFont untuk menelusuri font yang tersedia.

Langkah-langkahnya adalah aktifkan terlebih dahulu pemasangan aplikasi dari sumber tak dikenal. Opsi ini biasanya terletak di Pengaturan > Keamanan. Setelahnya, luncurkan iFont dan pilih Recom/Find untuk menemukan font. Ketuk nama font yang ingin kamu unduh. Lalu, ketuk Set untuk memasang font. Jangan lupa buka Pengaturan > Tampilan > Ukuran dan Gaya Font > Ketuk Font Baru. Voila! Font akan segera diterapkan.

6. FontFix

Merasa bingung dengan banyaknya pilihan? Kamu bisa menjajal aplikasi FontFix. Aplikasi ini tersedia di Google Playstore dan meraih lebih dari 50 ribu unduhan. FontFix menyediakan sekitar 4300 font berbeda untuk perangkat Android kita. Selain itu, kamu tidak perlu melakukan root pada Android milikmu.

Yang perlu kamu lakukan adalah memilih font yang kamu inginkan dan klik tombol install. Sebelum font diaplikasikan, kamu bisa melakukan pratinjau lebih dahulu. Caranya mudah dan ukurannya yang kecil menjadi keunggulannya. Mau coba?

7. HiFont

Terakhir, kamu bisa mencoba aplikasi bernama HiFont. Aplikasi ini diluncurkan pada 20 Maret 2012 dan berhasil memperoleh lebih dari 10 juta unduhan di Google Playstore. Ada ratusan font tersedia dan bisa kamu pilih sesuai selera. HiFont mendukung smartphone Samsung dan tidak perlu melakukan root.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung HTC, Motorola, Lenovo, Huawei, Nokia dan smartphone lain, tapi ada beberapa gadget yang memerlukan root terlebih dahulu. Keunggulan lainnya adalah HiFont mendukung penggunaan font kustom dan menyediakan font berukuran besar untuk pengguna lansia.

Nah, itulah 7 aplikasi yang bisa dipakai untuk mengubah font di Android. Kamu sendiri, paling suka aplikasi yang mana nih?