Hati-hati, Ini 5 Tanda Rekan Kerja Merasa Iri Kepadamu
IDN Times

1 week ago

Hati-hati, Ini 5 Tanda Rekan Kerja Merasa Iri Kepadamu

Bisa menghambat karier lho!

Dunia kerja memang keras, persaingan selalu muncul dalam pekerjaan apapun hingga tak jarang akan ada orang yang merasa iri atas kinerja yang kamu capai di kantor.

Orang yang iri tersebut bisa mengganggumu dalam meniti karier lho sehingga kamu harus berhati-hati dan bisa mengambil langkah yang tepat agar tak terjerumus dengan jebakannya. Berikut adalah tandanya yang harus kamu waspadai.

1. Dia meremehkan pencapaian yang sudah kamu dapatkan

Pexels.com/Elevate Digital

Saat kamu berhasil memenuhi target kerja kantor, dia selalu meremehkan apa yang sudah kamu dapat. Dia selalu berkata bahwa itu kebetulan, karena peran orang lain di dalam pekerjaanmu, atau bahkan menuduhmu melakukan manipulasi. Padahal yang kamu capai benar-benar hasil kerja kerasmu. Berhati-hatilah jika kamu menemui orang seperti ini di kantor, ya!

2. Dia senang jika kamu gagal dalam melakukan sesuatu

Pexels.com/bruce mars

Kegagalan dalam melaksanakan tugas di kantor itu adalah hal yang wajar dan manusiawi. Namun jika ada orang yang justru senang saat kamu mengalami kegagalan, kamu harus berhati-hati bahwa orang tersebut sebenarnya iri dengan kehadiranmu di kantor. Wajarnya sebagai rekan kantor yang baik adalah memberikan bantuan dan menyemangati, bukannya justru senang saat kamu gagal bukan?

3. Suka membicarakanmu di belakang

Psypost.org

Tiba-tiba di kantor tersebar gosip yang tidak benar dari teman-temanmu, bahkan ada teman baik yang bercerita kepadamu bahwa ada orang yang menyebarkan sebuah berita buruk tentangmu kepada seisi kantor. Tentu hal yang menjengkelkan, bukan? Bisa jadi orang yang menyebarkan kabar tidak benar itu sebenarnya tidak menyukaimu karena iri terhadapmu. Sebaiknya hati-hati ya jika ada orang seperti itu.

4. Dia bermanis-manis saat di depanmu

Pixabay.com/rawpixel

Orang yang iri terkadang bisa saja bermuka dua. Dia bisa menunjukkan sikap manis dan baik kepadamu, namun ada suatu hal yang membuatmu aneh karena sikap manis tersebut terlihat gak nyata dan dibuat-buat. Jika firasatmu ternyata benar, sebaiknya kamu perlu waspada orang tersebut bisa menjatuhkanmu di tempat kerja karena iri hati.

5. Berusaha menunjukkan bahwa dirinya yang terbaik dibanding kamu kepada atasan

Pixabay.com/Free-Photos

Saat di depan atasan, tentu kita sangat ingin agar atasan merasa senang dengan kinerja yang kita berikan. Hal ini juga dilakukan oleh orang yang iri kepadamu. Dia berusaha menunjukkan bahwa dirinya yang lebih baik daripada kamu di mata atasan.

Sebaiknya kamu tak perlu takut dan tetap tunjukkan kinerja terbaikmu tanpa banyak bicara. Atasan yang hebat pun akan bisa menilai mana sebenarnya bawahannya yang benar-benar bekerja lebih baik.

Itulah 5 hal yang harus kamu waspadai jika ada rekan kerja yang ternyata iri kepadamu. Hati-hati dalam bekerja ya, guys ! Tetap niatkan untuk beribadah dan membantu orang banyak dengan perusahaan tempat kamu bekerja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Just For You