Deretan Tur Horor di Asia, Melihat Boneka Berisi Roh Bayi hingga Hantu Pontianak
Okezone.com

4 days ago

Deretan Tur Horor di Asia, Melihat Boneka Berisi Roh Bayi hingga Hantu Pontianak

SEGALA sesuatu yang berbau horor dan mistis, memang selalu bisa mencuri perhatian. Bahkan di zaman modern seperti sekarang, horor pun dimanfaatkan untuk menjadi sesuatu daya tarik wisata untuk uji nyali.

Bahkan, horor pun sudah menjadi komoditas yang dijual di beberapa negara Asia Tenggara lain selain Indonesia, seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura. Seperti dilansir South China Morning Post.

Pertama ada Thailand, dengan Justin Dunne sebagai sang pemilik dan pemandu utama tur Bangkok Haunt. Salah satu tur wisata yang dilakukan oleh Justin adalah tur horor yang berlokasi di sebuah pasar, di lantai dua yang sepi di kawasan Chinatown, Bangkok.

Para peserta wisata tur horor akan di bawa menuju rumah hantu yang secara interior terlihat seperti kuil Budha berukuran kecil.

Di sini para peserta tur horor akan melihat dewa-dewa yang berada di altar, lalu patung seorang anak laki-laki yang dikenal sebagai kuman thong atau boneka yang berisi roh bayi. Menurut legenda anak itu adalah jelmaan roh jahat, oleh karena itu dia pun diberikan sesajen berupa minuman soda berwarna merah dianggap menyerupai darah.

Tidak hanya berkunjung ke pasar yang sepi, tur ini juga membawa para pesertanya menuju lokasi terpencil dekat dengan lokasi hotel-hotel berhantu. Seperti, bekas klinik aborsi di belakang jalan, hingga satu-satunya gedung bioskop yang berdiri sendiri di kawasan tersebut.

Di tempat-tempat ini banyak kisah horor yang terjadi, seperti kisah hantu dua kakak beradik yang suka muncul dan menumpang taksi di malam hari, lalu tiba-tiba merangkak menuju rel kereta.

Hantu kakak-beradik ini, merupakan korban kecelakaan motor saat hendak menuju pemakaman almarhumah sang Ibunda. Dalam sebuah kecelakaan tragis, tubuh kedua kakak beradik ini terpotong karena terlindas kereta api.

Sebelumnya

1

3

Tur horor berikutnya adalah di Penang, Malaysia, yang dipandu oleh Winston Lim, manajer operasional dan pemandu dari Penang Ghost Tours. Tur horor yang dipandu oleh Winston, salah satunya ialah mendatangi rumah tua berusia 100 tahun yang kabarnya diklaim oleh warga setempat dibangun di atas tanah yang dikutuk.

Namun sang pemilik rumah, Chung Thye Phin tidak memedulikan peringatan ini. Dikisahkan, tidak lama setelah rumah itu dibangun, datanglah musibah menimpa penghuni rumah tersebut. Sang putri pemilik dan beberapa pelayannya tewas, disusul kemudian sang pemiliknya juga meninggal.

Selain itu, diketahui lebih lanjut ketika Jepang menginvasi Penang selama Perang Dunia II, rumah tersebut menjadi pusat komando lokal bagi para penjajah dan menjadi lokasi para prajurit mengeksekusi banyak wanita.

Menjelajah “rumah hantu” ini, para peserta tur akan dibawa melihat langsung kolam renang kosong yang disebutkan menjadi lokasi sang putri pemilik rumah tewas karena tenggelam setelah dilarang menikahi pria yang dicintainya. Disebutkan oleh Winston, kabarnya kadang-kadang orang mendengar ada suara gemericik air dari kolam pada malam hari.

2

3

Terkahir adalah tur horor di Singapura, yang mengambil lokasi pemakaman orang China terbesar di Singapura, Bukit Brown Cemetery tempat dari 100 ribu makam. Tur horor ala Singapura melibatkan legenda hantu yang disebut ‘Pontianak’, hantu wanita yang meninggal saat hamil.

Legenda mengatakan bahwa Pontianak, yang sering digambarkan memiliki kulit pucat, mata merah, rambut hitam, dan mengenakan gaun putih yang berlumuran darah. Dia pun bisa berubah menjadi sosok wanita seksi, untuk merayu pria sehingga sang mangsa tidak curiga, lalu kemudian sang hantu bisa merobek dan memakan isi perutnya.

Untuk menjelajahi pemakaman seluas 80 hektar ini, All Things Bukit Brown menyediakan tur dengan pemandu gratis dengan tema "Warisan, Habitat, dan Sejarah" yang memberikan wawasan tentang kebiasaan penguburan Tiongkok.

Bahkan, para peserta terkadang juga diberikan kesempatan untuk menengok dan memberikan penghormatan di beberapa makam paling terkenal, seperti milik Chew Keok Leong, seorang dokter terkemuka dari Beijing.

Bagaimana, tertarik uji nyali menjajal tur horor di tiga negara tersebut?

(mrt)

3

3