Ashanty Didiagnosis Terkena Penyakit Autoimun
Doktersehat.com

5 days ago

Ashanty Didiagnosis Terkena Penyakit Autoimun

By Photo Source: Instagram.com/ashanty_ash

DokterSehat.Com – Selebritis yang merupakan istri dari Anang Hermansyah, Ashanty, terkejut dengan hasil diagnosis dokter RSPAD Gatot Subroto. Bagaimana tidak, Ashanty ternyata mengidap penyakit autoimun. Sebenarnya, seperti apa sih penyakit autoimun itu?

Penyakit Autoimun Diidap oleh Ashanty

Saat itu, Ashanty sebenarnya hanya ingin menemani suaminya melakukan medical check-up . Hanya saja, saat ikut melakukan pemeriksaan sendiri, ia justru terkejut dengan kondisi kesehatan yang dialaminya.

“Hasil diagnosisnya bikin kaget. Aku kena penyakit autoimun yang nggak pernah aku bayangkan sebelumnya. Sempet mencari informasi di Google malah ngeri sendiri,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ashanty memang mengeluhkan beberapa masalah kesehatan seperti sulit untuk tidur nyenyak, sering mengalami sakit kepala, mudah lupa, mudah stres, dan mudah cemas. Ternyata hal ini adalah tanda-tanda dari masalah autoimun yang dideritanya.

Sebagai informasi, penyakit autoimun adalah kondisi yang membuat sistem imun tubuh yang fungsinya melawan berbagai bakteri atau sumber penyakit demi mencegah datangnya masalah kesehatan justru menyerang sel-sel tubuh yang berada dalam kondisi sehat. Jenis dari penyakit ini cukup banyak, ada yang menyerang satu jenis organ tubuh saja, namun ada juga yang menyerang seluruh bagian tubuh.

Mengenal Lebih Dalam Penyakit Autoimun

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, penyakit imun membuat sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan. Masalahnya adalah dalam beberapa kasus hal ini juga bisa memicu penyakit kronis. Pakar kesehatan menyebut 80 persen orang yang mengidap masalah kesehatan ini adalah wanita, bukannya pria.

Penyebab dari masalah kesehatan ini juga belum bisa benar-benar dipastikan. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut hal ini seringkali terkait dengan faktor genetik. Hal ini berarti, jika orang tua kita juga mengalami penyakit autoimun, kita juga memiliki risiko lebih besar terkena penyakit ini.

Beberapa Jenis Penyakit Autoimun

Terdapat beberapa jenis penyakit autoimun yang bisa menyerang kita. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Rematik

Sering dianggap sebagai masalah persendian yang terkait dengan faktor usia, dalam realitanya rematik tergolong dalam penyakit autoimun. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang justru memproduksi zat antibody yang menyerang persendian yang memicu gejala seperti pembengkakan, sensasi kaku, dan nyeri pada persendian. Jika dibiarkan, penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan persendian secara permanen dalam jangka panjang.

Penyakit Lupus

Penyakit lupus bisa menyerang beberapa organ tubuh seperti ginjal, paru-paru, kulit, persendian, sel darah dan lain-lain. Gejala dari masalah kesehatan ini bisa berupa demam yang cukup parah, penurunan berat badan secara drastis dalam jangka pendek, kerontokan rambut parah, tubuh yang kelelahan, munculnya ruam-ruam pada kulit, pembengkakan pada persendian, nyeri dada, sakit kepala parah, hingga kejang-kejang.

Psoriasis

Psoriasis adalah masalah kesehatan yang menyerang kulit. Penyakit ini membuat sel-sel kulit baru tumbuh dengan sangat cepat sehingga memicu masalah kulit kering, kulit kemerahan, kulit bersisik, dan terlihat layaknya bercak-bercak dengan warna putih.

Masalah Radang Usus

Masalah radang usus ternyata juga bisa dianggap sebagai penyakit autoimun. Masalah kesehatan yang menyerang saluran pencernaan ini bisa menyebabkan gejala seperti diare, perdarahan pada anus, sulit menahan buang air besar, sakit perut parah, demam tinggi, hingga penurunan berat badan dan tubuh yang lelah dengan drastis.

Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis menyerang lapisan yang ada di saraf. Penderita masalah kesehatan ini bisa mengalami gejala seperti kelumpuhan, ganggan otot mati rasa, hingga kebutaan.

Sumber:

1. Putri, Frieda Isyana. 2019. Ashanty Didiagnosis Autoimun, Penyakit Apa Sih Itu?. detik.com/berita-detikhealth/d-4739039/ashanty-didiagnosis-autoimun-penyakit-apa-sih-itu. (Diakses pada 9 Oktober 2019).