PlayStation 5 Dipastikan Bakal Rilis 2020
VICE Indonesia

4 days ago

PlayStation 5 Dipastikan Bakal Rilis 2020

Setelah berbulan-bulan penuh rumor, Sony akhirnya mengumumkan hal yang sudah dinanti-nanti gamer sedunia: tanggal perilisan konsol generasi terbaru PlayStation 5. Berdasarkan keterangan tertulis dari perusahaan Jepang itu, PlayStation 5 dipastikan rilis tahun depan.

"Saya dengan bangga mengumumkan bahwa konsol baru dari kami akan dinamakan PlayStation 5, dan momen peluncurannya adalah saat momen liburan Natal 2020," kata Jim Ryan, Presiden sekaligus CEO Sony Interactive Entertainment, dalam keterangan tertulis.

Sayangnya, pengumuman ini tidak banyak dilengkapi keterangan soal kemampuan teknis konsol tersebut. Jadi belum jelas, fitur apa saja yang akan dimiliki PlayStation 5, yang membuatnya disebut generasi baru dibanding PlayStation 4.

Salah satu bocoran informasi diperoleh Majalah Wired , yang pertama kali menyajikan foto-foto diduga wujud konsolnya . Bocoran lain mengabarkan jika sistem PlayStation 5 akan memakai solid state harddrive (SSD), konon membuat waktu loading game akan terpangkas jauh dan jadi sangat cepat. Dengan fitur macam itu, PlayStation 5 akan menyaingi kemampuan PC memproses game dengan spec berat

Ryan, dalam keterangan tertulis, sedikit menyinggung soal controller PS yang baru. Konon, akan ada fiur haptic feedback, itu proses layar sentuh dinamis seperti kalian rasakan saat pakai iPhone . Belum jelas seperti apa efeknya ketika sistem tersebut diintegrasikan dengan pengalaman main game. Tapi kemungkinan fitur ini akan menggantikan getaran rumble jika main game balapan atau FIFA/PES.

Fitur lain yang ada di kontroller baru PS adalah adaptive triggers. Tombol L2 dan R2 akan bisa diprogram memberi sensasi berbeda sesuai karakter game-nya. Jadi, ketika dua tombol itu dipakai untuk menarik pelatuk senapan, rasanya pada tangan akan berbeda dibanding saat kalian main game yang karakternya mengayun pedang atau menembakkan panah.

"Kreator game sudah kami beri semua informasi dan purwarupa kontroller baru tersebut. Kami tidak sabar menantikan hasil kreativitas dan imajinasi mereka memanfaatkan fitur ini," kata Ryan.

Artikel ini pertama kali tayang di Motherboard