Ternyata 8 Makanan dan Minuman ini Bisa Lawan Gigi Berlubang
Orami Magazine

8 weeks ago

Ternyata 8 Makanan dan Minuman ini Bisa Lawan Gigi Berlubang

Demi menjaga kesehatan gigi serta menghindari gigi berlubang, kita biasanya menghindari makanan-makanan yang berpotensi merusak gigi, khususnya makanan- makanan manis . Karena sisa asam yang mungkin tertinggal pada gigi, berakibat gigi berlubang.

Namun, siapa sangka, ternyata ada makanan dan minuman yang justru membantu melawan gigi berlubang. Bahkan mungkin beberapa dari makanan ini adalah makanan favorit kita.

Wah apa saja ya Moms? Yuk simak daftar makanan dan minuman untuk melawan gigi berlubang di bawah ini!

1. Keju

Keju ternyata memiliki beberapa manfaat untuk memerangi gigi berlubang. Mengonsumsi keju telah terbukti meningkatkan pH oral setelah makan. Ketika dipasangkan dengan kalsium yang ada dalam keju, kemungkinan remineralisasi gigi meningkat.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar kalsium dalam mulut meningkat setelah makan keju. Ada bagian gigi yang terdiri dari kalsium, sehingga peningkatan kadar kalsium saliva membantu mengembalikan termineralisasi gigi dan mencegah gigi berlubang terjadi, " kata Shawn Frawley, DDS, dokter gigi di Beverly Hills, California seperti dikutip dari everydayhealth.com.

2. Susu dan Produk Susu

Selain keju, susu dan yogurt juga memberi manfaat bagi kesehatan mulut. Dari semua minuman yang bisa kita pilih, susu mungkin merupakan salah satu pilihan yang lebih baik selain air mineral.

Susu memiliki pH tinggi, sehingga cenderung berkontribusi pada kondisi pH rendah (asam). Sebagai informasi asam yang tinggi berkontribusi terhadap biofilm yang berbahaya dan tidak sehat.

Selain itu, susu juga merupakan sumber kalsium yang baik untuk remineralisasi gigi. Tapi perlu dicatat ya Moms, susu dan yogurt memiliki kadar gula yang tinggi, jadi tetap batasi konsumsi keduanya ya.

3. Teh Hijau atau Teh Hitam

Dalam sejumlah penelitian, teh hitam atau teh hijau tanpa pemanis atau krim, telah terbukti mampu membantu menangkal beberapa kerusakan yang dilakukan oleh makanan manis.

Penelitian dari Kenyon College menunjukkan bahwa daun teh mengandung sifat-sifat tertentu yang membantu melawan gigi berlubang, yakni dengan mencegah pertumbuhan berlebih plak dan bakteri.

Tapi teh memang mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan menguningnya email gigi, jadi moms sebaiknya tetap menyeimbangkan konsumsi teh dengan air putih.

4. Gandum Utuh

Gandum utuh mampu meningkatkan nutrisi. Mereka memiliki kandungan vitamin untuk mendukung kesehatan gusi dan mineral, seperti zat besi dan magnesium, yang baik untuk kesehatan enamel dan tulang.

5. Permen Karet Bebas Gula

Mengunyah permen karet yang dimaniskan dengan xylitol juga merangsang aliran air liur, mengusir bakteri berbahaya dari gigi dan menjaga pH sehat di lingkungan mulut.

Xylitol juga telah terbukti membantu mengendalikan bakteri "jahat" dalam biofilm oral dengan mengganggu siklus makanan mereka dan membuat mereka kelaparan sampai mati.

"Xylitol sangat efektif dan mencegah pembusukan," kata Dr. Frawley. Xylitol paling efektif dalam bentuk permen karet atau mint dan sebaiknya dikonsumsi tiga hingga lima kali sehari dengan total 5 gram per hari.

Karena itu, tidak ada salahnya kita mulai mengganti permen karet dengan pemanis dengan yang tanpa pemanis.

6. Permen Bebas Gula

Seperti yang kita ketahui, permen adalah musuh dari gigi yang sehat. Kecuali, permen bebas gula. Seperti permen karet bebas gula, permen tanpa pemanis ini juga memiliki potensi pencegahan gigi berlubang .

Para dokter gigi pun setuju bahwa permen bebas gula tidak melukai gigi, dan jika permen itu dimaniskan dengan xylitol, seperti jumlah permen lolipop maka permen teresbut akan secara aktif membantu memerangi gigi berlubang dan mencegah kerusakan gigi.

7. Wine

Anggur khususnya jenis yang merah, umumnya dianggap tidak bagus untuk gigi karena biasanya ada noda yang tertinggal. Tetapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa banyak komponen kimia individu dalam anggur merah dan putih secara aktif mampu melawan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan gigi berlubang.

Meskipun penelitian ini menjanjikan, para ahli gigi dengan cepat menunjukkan bahwa hasil lab tidak selalu sama dengan situasi kehidupan nyata.

8. Kismis

Selama ini, kismis dianggap sebagai biang kerok gigi berlubang. Tapi ternyata kismis memiliki kesamaan khasiat dengan anggur. Para ilmuwan telah menemukan bahwa beberapa bahan kimia yang ada dalam kismis, termasuk polifenol dan flavonoid, dapat secara aktif melawan bakteri oral yang mengarah ke gigi berlubang.

Meski begitu, para dokter gigi tetap ragu menerjemahkan hasil lab ini ke dalam kehidupan nyata.

"Kismis telah lama direkomendasikan sebagai makanan ringan untuk dihindari karena lengket dan kadar gula yang tinggi. Pertanyaannya terletak pada apakah konsentrasi efektif mencegah peluruhan senyawa fenolik ini ada dalam kismis. Pada titik ini, saya tidak merekomendasikan makan kismis untuk mencegah gigi berlubang pada pasien saya,”imbuh Dr Frawley.

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu melawan gigi berlubang. Selamat mencoba!

(SERA)