INSTALL SEKARANG
NASA siapkan robot Valkyrie untuk jelajahi Mars
Lokadata.id

4 years ago

NASA siapkan robot Valkyrie untuk jelajahi Mars

NASA siapkan robot Valkyrie untuk jelajahi Mars

NASA seperti dilansir Engadget berencana untuk mengirimkan robot humanoid seberat sekitar 100 kg yang bernama Valkyrie untuk "bersekolah" terlebih dahulu di universitas ternama di Amerika Serikat sebelum menyiapkannya untuk misi penjelajahan ke Marss.

Badan antariksa Amerika Serikat itu berniat mengirimkan satu unit masing-masing ke Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan satu unit ke Northeastern University di Boston.

Kedua universitas, seperti dilaporkan The International Business Times, ini akan menguji dan mempersiapkan robot ini agar benar-benar bisa diberangkatkan ke Mars dan lokasi angkasa luar lainnya.

ADVERTISEMENT

"Kemajuan dalam bidang robotik, termasuk kolaborasi manusia-robot, merupakan hal yang penting dalam membangun kemampuan yang dibutuhkan untuk perjalanan menjelajahi Mars," kata Steve Jurczyk, administrator untuk Space Technology Mission Directorate (STMD) di NASA kepada SpaceDaily.

Kedua universitas itu terpilih karena kinerja mereka dalam Robotics Challenge, yang diselenggarakan oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) dan tantangan dari peserta seluruh dunia untuk membangun robot dan menguji robot itu melewati tantangan yang sulit, demikian disebutkan oleh CNET.

Robot setinggi 1,8 meter ini awalnya dirancang NASA untuk membantu operasi penanggulangan bencana, namun kemudian mereka menggeser fokusnya ke misi penjelajahan angkasa luar.

"Sepertinya NASA akan mengirimkan robot mendahului astronaut ke Mars. Robot ini akan mulau mempersiapkan jalan bagi penjelajahan manusia dan ketika manusia sampai ke planet itu, robot bersama-sama manusia akan bekerja membangun hub, meletakkan pondasi dan bekerja sama dengan erat," kata mantan ketua proyek Nicolaus Radford seperti dilansir Space.com.

Valkyrie: NASA's Superhero Robot