Jokowi: Hujan Buatan Berhasil Atasi Karhutla di Riau dan Kalimantan
Kumparan.com

4 weeks ago

Jokowi: Hujan Buatan Berhasil Atasi Karhutla di Riau dan Kalimantan

Tragedi tahunan yang gagal diatasi pemerintah yaitu kebakaran hutan dan lahan (karhutla), berdampak luas pada kehidupan masyarakat bahkan menimbulkan korban jiwa.

Selain pemadaman, pemerintah mengupayakan dengan membuat hujan buatan dibantu pesawat militer. Presiden Joko Widodo menyebut teknologi itu berhasil memadamkan karhutla.

"Alhamdulillah, operasi teknologi modifikasi cuaca untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan ini berhasil. Hujan turun membasahi hutan-hutan Riau dan Kalimantan yang disasar dalam operasi ini," ucap Jokowi melalui Instagram, Minggu (22/9).

Jokowi menuturkan, modifikasi melalui penyemaian garam di lintasan awan itu dilakukan pada Rabu (18/9), dengan pesawat Hercules C-130 yang terbang di langit Riau. Tepatnya di Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kota Padang Sidempuan.

"Pada hari yang sama, pesawat CN295 juga menebar garam di udara Kalimantan, di atas wilayah Kabupaten Katingan, Kota Palangkaraya, dan Kabupaten Kapuas," tutur mantan gubernur DKI itu.

Menurutnya, operasi teknologi modifikasi cuaca untuk menurunkan hujan buatan akan terus kita lakukan di wilayah Sumatera dan Kalimatan.

"Kerja keras petugas BNPB, BPPT, BMKG, aparat TNI dan Polri, pemerintah daerah dan para relawan, tentu atas doa-doa kita semua, semoga kian mengurangi meluasnya kebakaran hutan dan lahan, serta paparan asap di atas Sumatera dan Kalimantan," pungkas Jokowi.