Pemkot Jakarta Timur akan Tata Kawasan KBT Secara Bertahap
Kompas.com

5 days ago

Pemkot Jakarta Timur akan Tata Kawasan KBT Secara Bertahap

|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan menata kawasan Kanal Banjir Timur dengan melakukan perapihan dan pembersihan.

Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Jakarta Timur Leo Tantino mengatakan, penataan KBT dilakukan dari hulu yang berada di Kecamatan Jatinegara hingga Cakung.

Sebanyak 50 personel dikerahkan untuk menata saluran itu secara bertahap.

"50 orang, sebelumnya kita memang terus bersihkan KBT ini cuman mulai besok ini secepatnya akan ditingkatkan lagi ini sesuai arahan gubernur. Alang-alang pinggir KBT semuanya kita bersihkan bertahap, karena panjangnya kan KBT ini sekitar 6 kilometer," kata Leo di KBT, Jakarta Timur, Rabu (11/9/2019).

Pantauan Kompas.com di lokasi, air saluran KBT nampak berwarna hijau mengalir cukup deras. Tak ada sampah yang menggenang di permukaan air.

Namun, di bantaran saluran tumbuh rerumputan tinggi. Di hulu KBT, nampak busa yang muncul ke permukaan hasil turbulensi air. Busa tersebut cukup banyak dan hilang perlahan terbawa arus.

"Ini akan kita tata semua, yang jadi persoalan di KBT ini itu alang-alangnya. Pinggiran saluran itu kita bersihkan terutama alang-alangnya itu kita tata kita bersihkan supaya kelihatannya indah," ujar Leo.