Pesan Habibie yang Selalu Diingat Ganjar: Anak Muda, Maju Terus
Kumparan.com

5 days ago

Pesan Habibie yang Selalu Diingat Ganjar: Anak Muda, Maju Terus

Wafatnya Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia. Tak terkecuali, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Orang nomor satu di Jateng itu teringat salah satu perjumpaan dengan mendiang Habibie. Saat itu Ganjar bertemu Habibie di sebuah acara yang digelar PDIP di Ancol, Jakarta.

Ganjar mengatakan saat tiba di Ancol, acara dimulai. Namun, di sana sudah terlihat beberapa tokoh termasuk BJ Habibie. Saat sedang menyalami satu persatu tokoh, tiba-tiba Ganjar dihampiri mendiang Habibie.

"Tiba-tiba ada yang menepuk pundak saya. Saya kaget ternyata Pak Habibie," kata Ganjar, Rabu (11/9).

Tak sekadar tepukan di bahu, Habibie saat itu bahkan menyampaikan pesan singkat yang bagi Ganjar terasa menggetarkan hati karena sarat makna. "Anak muda, maju terus," kata Ganjar mengenang pesan dari Habibie.

Bagi Ganjar, ungkapan tersebut jadi sebuah berkah. Meski ia masih bertanya-tanya apa sejatinya makna tepukan di pundak dan ungkapan "maju terus" yang dilontarkan Habibie.

"Beliau ini teknokrat, politikus, beliau ini yang membuat terobosan-terobosan dan seorang legenda yang dihormati di seluruh dunia," katanya.

Ganjar berharap suatu saat di Indonesia, bakal muncul figur "Habibie" lainnya yang bakal melambungkan negara dengan kecerdasannya.

Saat ini Ganjar sedang menjalankan tugas di Jakarta. Dia mengaku akan datang langsung memberi penghormatan terakhir untuk Habibie.

"Rencananya besok mau memberi penghormatan terakhir di Taman Makam Pahlawan (Kalibata)," katanya.