Live Update: BJ Habibie Meninggal Dunia
Kumparan.com

5 days ago

Live Update: BJ Habibie Meninggal Dunia

Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9) dalam usia 83 tahun. Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto setelah menjalani perawatan sejak 2 September lalu.

Anaknya Thareq Habibie mengkonfirmasi, BJ Habibie meninggal dikarenakan gagal jantung yang menyebabkan organ-organ tubuhnya melemah.

Ikuti kabar meninggalnya BJ Habibie dalam live update berikut:

Rabu, 11 September 2019

Pukul 17.00 WIB

Seluruh anggota keluarga berkumpul di ruang ICU RSPAD Gatot Soebroto. Antara lain, seluruh anak, kakak, adik, cucu, dan semua keluarga dekat. Hal ini disampaikan keponakan Habibie, Ruslie Habibie yang juga Gubernur Gorontalo.

Pukul 18.05 WIB

BJ Habibie Meninggal

Anak kedua Habibie, Thareq Habibie, mengkonfirmasi kabar meninggalnya Habibie di RSPAD.

Pukul 18.43 WIB

Jokowi Menyampaikan Belasungkawa

Jokowi dan Iriana tiba di RSPAD, 5 menit sebelum BJ Habibie menghembuskan napas terakhir. Atas nama rakyat Indonesia, Jokowi menyampaikan duka yang mendalam.

Presiden Joko Widodo, Iriana Jokowi dan Gibran tiba di RSPAD Gatot Soebroto. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Pukul 19.04 WIB

Tenda Mulai Dipasang

Mobil pengangkut besi tenda datang. Sejumlah pria mulai menurunkan satu per satu besi penyanggang tenda. Sementara itu pagar rumah duka masih ditutup.

Pukul 19.18 WIB

Tokoh Berdatangan

Sejumlah tokoh mulai tiba di rumah duka. Diantaranya Ali Mochtar Ngabalin, Yusril Ihza Mahendra, dan Kepala RSPAD Gatot Soebroto dr Terawan Agus Putranto.

Pukul 20.03 WIB

Jenazah disholatkan

Jenazah BJ Habibie disalatkan oleh kerabat setelah dimandikan di rumah jenazah RSPAD.

Presiden ke-3 RI BJ Habibie diberangkatkan ke rumah duka, pada Rabu (11/9). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Pukul 20.10 WIB

Jenazah dibawa ke rumah duka

Jenazah BJ Habibie dibawa ke rumah duka menggunakan mobil jenazah RSPAD. Perjalanan jenazah dari RSPAD Gatot Subroto menuju rumah duka mendapat pengawalan ketat dari Paspampres.

Pukul 20.33 WIB

Jenazah tiba di rumah duka

Jenazah BJ Habibie tiba di rumah duka di Jalan Patra Kuningan VIII, Jakarta. Namun, hanya ambulans pembawa jenazah yang masuk ke halaman rumah. Tak lama setelah itu, petugas menutup pagar rumah rapat-rapat.