BJ Habibie Meninggal Dunia, Kenali Penyakit Gagal Jantung yang Jadi Biang Keroknya
Okezone.com

4 days ago

BJ Habibie Meninggal Dunia, Kenali Penyakit Gagal Jantung yang Jadi Biang Keroknya

INDONESIA kembali berduka! Presiden RI ke-3 Bachruddin Jusuf Habibie meninggal dunia. Di masa hidupnya, rupanya Habibie mengidap penyakit jantung hingga berujung komplikasi.

Sekira 10 hari dirawat di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. Selama di rumah sakit, kondisi Habibie memang dikabarkan kritis. Sehari sebelum Habibie meninggal dunia, beliau dikabarkan sempat membaik.

Meski tim dokter kepresidenan sudah berjuang keras merawat Habibie, namun akhirnya meninggal dunia di usia 83 tahun.

Di masa sekarang, penyakit jantung mudah dialami oleh siapa saja. Baik dari kalangan usia tua maupun muda, bisa menderita penyakit mematikan itu.

Dijelaskan Spesialis Jantung dari RS Harapan Kita Jakarta dr Rarsari Soerarso SpJP(K), prevalensi kejadian gagal jantung diperkirakan ada 3-20 per 1.000 penduduk. Rata-rata, pria usia 65 tahun yang mengalami penyakit tersebut akibat gaya hidup.

"Gagal jantung salah satu penyakit serius, yang mana organ jantung sulit memompa darah dengan lancar ke seluruh tubuh. Tapi tidak dapat dirasakan oleh setiap pasiennya dalam waktu cepat," ucapnya.

Dokter Rarsari menambahkan, gejala dari gagal jantung bisa memburuk atau berubah. Pasien akan mudah lelah, jantung sering berdebar dengan irama tidak jelas, tubuhnya lemah, sesak napas, sering batuk, hingga kaki bengkak.

Penyakit gagal jantung, penyebab BJ Habibie Meninggal .

Sebelumnya

1

3

Semakin tua usianya, gejalanya akan semakin sering muncul. Pada penderita gagal jantung, sering mengalami hal menyakitkan apalagi saat kambuh. Kondisi ini tidak dapat diabaikan karena dapat mengancam nyawa pasien.

"Kalau sudah gagal jantung membuat darah dalam tubuh, tidak dapat mengantarkan cukup oksigen dan makanan dengan normal," papar dr Rarsari.

Tak heran kalau pasien mudah letih dan lelah ketika beraktivitas. Karena jantung juga akan bekerja keras, saat pasiennya melakukan aktivitas berat.

Maka, Anda harus mewaspadai penyakit tersebut agar tidak dialami diri sendiri maupun keluarga dekat. Saking bahayanya penyakit ini dan tidak banyak orang menyadari dampaknya.

2

3

Sekadar informasi, Habibie dikabarkan sempat kritis sebelum dipastikan meninggal dunia. Cucu Habibie, Melanie Subono dalam akun Instagramnya mengabarkan meninggalnya Habibie.

"Eyang ... SAMPAI JUMPA DI KEABADIAN ... Senangnya dah bisa ngelepas kangen sala eyang puteri, bisa berdua dua an lagi... Kita disini ikhlas asal eyang bahagia —- SELAMAT JALAN —- -

Terimakasih sudah membuat Indonesia jauh lebih baik, terimakasih sudah mengajarkan saya jadi PEJUANG , kalo bahasa eyang “PEMBERONTAK” -," tulisnya diakun @melaniesubono.

Habibie dirawat di RSPAD sejak 1 September 2019. Saat ini, keluarga BJ Habibie sudah berkumpul di RSPAD. Sejumlah tokoh juga berdatangan ke rumah sakit itu.

(mrt)

3

3