Tak Hanya BJ Habibie, 5 Tokoh Dunia Ini Juga Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung
Okezone.com

5 days ago

Tak Hanya BJ Habibie, 5 Tokoh Dunia Ini Juga Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

PRESIDEN ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie meninggal pada pukul 18.05 WIB, Rabu (11/9/2019). Berdasarkan informasi yang Okezone terima, dirinya mengalami gagal jantung.

Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, BJ Habibie sempat dirawat selama insentif sejak 1 September lalu di RSPAD Gatot Soebroto.

Semasa hidupnya, BJ Habibie juga dikenal sebagai bapak teknologi Indonesia. Ia memiliki keahlian di bidang teknologi pesawat terbang. Dirinya menciptakan sejumlah rumus untuk memecahkan berbagai macam permasalahan menyangkut pesawat terbang.

Rumus-rumus yang itu juga diakui oleh lembaga penerbangan internasional seperti Gesselschaft fuer Luft und Raumfahrt (Lembaga Penerbangan dan Luar Angkasa Jerman), The Royal Aeronautical Society London (Inggris), dan The Academie Nationale de I'Air de I'Espace (Prancis).

Di sisi lain, BJ Habibie bukan satu-satunya tokoh dunia yang meninggal karena penyakit jantung. Masih ada beberapa tokoh lain yang juga mengalaminya. Berikut ulasannya seperti yang Okezone rangkum dari berbagai sumber :

Sebelumnya

1

3

Boris Yeltsin

Pria kelahiran 1 Februari 1931 ini merupakan presiden terpilih pertama Rusia. Boris Yeltsin menjadi presiden setelah sukses dalam pemilu tahun 1996. Namun sembilan setahun setelah memimpin, kesehatannya memburuk. Semasa hidup, dirinya diketahui pernah menjalani operasi bypass jantung, memiliki masalah pernapasan, dan mengalami depresi. Pada 23 April 2007, Yeltsin meninggal karena gagal jantung.

Mao Zedong

Pendiri negara Republik Rakyat China, Mao Tse-tung atau yang lebih dikenal dengan nama Mao Zedong juga meninggal karena penyakit jantung. Pria kelahiran 26 Desember 1893 itu tercatat pernah tiga kali terkena serangan jantung yang cukup parah di tahun yang sama. Pada serangan jantungnya yang terakhir, tepatnya tanggal 5 September 1976, Mao Zedong sampai tidak sadarkan diri berhari-hari. Empat hari kemudian ia dinyatakan menginggal dunia.

Elvis Presley

Siapa yang tak kenal dengan Elvis Presley, sang legenda musik rock n roll. Dirinya meninggal di usia yang terbilang cukup muda yaitu 42 tahun. Ia menghembuskan napas terakhir pada 16 Augustus 1977 dan diduga mengalami gagal jantung. Namun ada pula yang menyebutkan Elvis meregang nyawa lantaran penyalahgunaan resep obat-obatan.

2

3

Michael Jackson

Masih dari ranah musik, kabar kematian Raja Pop Michael Jackson sempat menggemparkan seluruh dunia. Dia menghembuskan napas terakhir pada 25 Juni 2009. Berdasarkan kabar yang beredar, ia diduga mengalami gagal jantung di rumahnya setelah diberi suntikan.

Jim Morrison

Terakhir ada penyanyi karismatik dan penulis lagu untuk grup Stone Doors, Jim Morrison. Pada 3 Juli 1971, Jim Morrison ditemukan meninggal di bak mandi apartemen dan dilaporkan mengalami gagal jantung. Semasa hidup, pria asal Amerika Serikat itu memang dikenal sebagai peminum alkohol, pemakai narkoba, dan memiliki sifat temperamental. Semuanya dapat berkontribusi terhadap penyakit jantung.

(dno)

3

3