Apakah Postur Tubuhmu Buruk? Kalau Tulisan di Situs Ini Terbaca Buram Berarti Iya
VICE Indonesia

5 days ago

Apakah Postur Tubuhmu Buruk? Kalau Tulisan di Situs Ini Terbaca Buram Berarti Iya

Situs ciptaan Olesya Chernyavskaya, diberi nama Fix Posture, punya tawaran menarik. Situs ini dapat memperbaiki postur tubuhmu dengan mengaburkan layar ponsel atau komputer ketika kamu tidak sengaja membungkuk. Situs ini memantau tubuhmu melalui webcam.

Fix Posture menggunakan program pembelajaran mesin untuk menciptakan patokan postur baik khusus untuk tubuh. Sebelum kamu mulai, kamu akan diminta melakukan beberapa hal untuk memperbaiki posturmu:

• Pastikan layar sejajar mata

• Pastikan pahamu paralel dengan lantai

• Pastikan telapak kaki sejajar lantai

• Pastikan siku diposisikan dekat tubuh

• Lemaskan bahumu

• Pastikan punggungmu tegak

Melakukan itu semua akan membantu menciptakan titik referensi postur tubuh baik untuk dimanfaatkan program saat mengecek posturmu. Kalau kamu membungkuk, maka matamu dan bahumu ikut membungkuk, yang menyebabkan layar menjadi buram.

Kalau pahamu tidak paralel dan telapak kakimu tidak datar, maka posisi mata dan bahumu menurun, dan layarnya akan menjadi buram. Kami menguji situs ini di kantor redaksi Motherboard (buat sebagian dari rekan kami, layarnya tetap buram, mungkin karena postur mereka memang terlanjur buruk banget); prosesnya seru, kayak main game.

Eksperimen ini hanya tersedia di situs web Fix Posture, yang juga mengandung petunjuk untuk mempertahankan postur baik selagi menelusuri internet. Kamu bisa memasang alarm memeriksa posturmu setiap jam. Eksperimen ini juga bisa menjadi motivasi buat beli kursi ergonomic atau meja berdiri.

Lebih dari 80 persen orang pernah mengalami nyeri punggung. Faktor yang menyebabkan cukup banyak, dari penggunaan ponsel pintar berlebihan hingga kebiasaan tidur dalam posisi tak nyaman. Intinya postur kebanyakan orang memang jelek. Setidaknya, situs ini bisa menjadi peringatan bagi kita semua agar terlatih duduk tegak.

Artikel ini pertama kali tayang di Motherboard