5 Penyebab Umum Komputer Terinfeksi oleh Virus
IDN Times

6 days ago

5 Penyebab Umum Komputer Terinfeksi oleh Virus

Virus komputer dengan virus manusia jelas berbeda, tapi keduanya memiliki cara kerja yang hampir sama. Virus komputer biasanya berupa program aplikasi atau algoritma jahat, tujuannya dominan ke arah pencurian data, merusak sistem operasi, dan tindakan merugikan lainnya.

Cara infeksi virus komputer bisa dengan berbagai cara, dan berikut adalah ulasan tentang penyebab umum komputermu sampai terinfeksi virus.

1. Kamu klik phising e-mail

Virus paling banyak menyebar melalui tindakan phising , yaitu sebuah teknik yang dirancang dengan mengirimkan email yang memancing emosi orang agar melakukan klik atau membuka lampiran yang berbahaya.

Ada beberapa teknik psikologis yang digunakan oleh penipu karena memori manusia terbatas, dengan hanya sedikit modifikasi mereka bisa menipu banyak orang sekaligus.

Dengan e-mail, media sosial, dan pesan instan palsu, banyak orang bisa tertipu. Tidak ada perangkat antivirus yang sempurna, maka selalu hati-hati menerima pesan sebelum membukannya untuk mencegah infeksi virus komputer.

2. Memasang program aplikasi tidak resmi

Banyak program berekstensi .exe dan perangkat lunak yang diunduh secara otomatis dari internet sebenarnya berbahaya. Faktanya, menurut laporan ancaman keamanan ber-internet pada 2018, penyedia aplikasi pihak ketiga punya 99,9 persen terinfeksi oleh malware . Satu-satunya cara mengatasinya adalah memasang antivirus resmi.

3. Kamu tidak punya antivirus sama sekali

Sebuah perangkat keamanan dan program antivirus terbaru pada komputer sangatlah penting, khususnya dengan kemampuan pindai otomatis agar melindungi komputermu dari infeksi virus.

Selain itu, kamu juga harus selalu memperhatikan adanya green lock (https) pada kolom pencarian URL mesin pencari. Situs tanpa green lock sangat berpotensi muncul bahaya karena menjadi penyebab infeksi virus atau malware pada komputer.

4. Kamu berkunjung ke situs tak terpercaya

Situs tak terpercaya adalah situs-situs yang mengandung konten ilegal seperti situs bajakan dan situs porno. Sebab keduanya adalah situs yang menyediakan aplikasi atau film yang sebenarnya dilarang namun tetap disediakan untuk menarik keuntungan.

Konten yang kamu unduh dan kamu lihat di situs tersebut di atas biasanya sudah disusupi kode virus komputer seperti virus Trojan. Perlu diketahui bahwa Trojan adalah salah satu virus komputer paling berbahaya di dunia.

5. Kamu kurang waspada

Jangan menggunakan jaringan Wi-Fi yang tidak meminta kata sandi di tempat umum, misalnya di perpustakaan atau warung kopi, karena jaringan yang bebas kata sandi sangat rentan diserang virus komputer.

Jalankan diagnosis pemindaian malware seminggu sekali, bahkan jika kamu jarang menggunakan komputer. Selain itu, selalu gunakan antivirus dan sistem operasi dengan sistem keamanan paling baru.

Nah, itu tadi lima penyebab umum komputer terinfeksi oleh virus. Waspada terhadap segala kemungkinan yang bisa membahayakan keamanan komputermu!