Minuman Terunik di Dunia, Salah Satunya Dicampurkan Jari Manusia
Merahputih.com

4 days ago

Minuman Terunik di Dunia, Salah Satunya Dicampurkan Jari Manusia

BAGAIMANA rasanya ya menyeruput minuman yang di dalamnya dicampur jari kaki manusia. Potongan jari kaki manusia sungguhan, bukan hanya dicelupkan. Membayangkannya saja mungkin kamu sudah bergidik. Tapi, kamu bisa menemukannya sebagai minuman tradisional yang akan dibahas di bawah ini.

Meski terdengar aneh, beberapa budaya melakukan pengolahan minuman tak biasa. Cara pengolahan dan komposisi memberikan nilai tambah untuk minuman tersebut. Meski begitu, minuman-minuman itu memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Berikut ini beberapa minuman unik di dunia dilansir dari CNN.

1. Bulgaria, fermentasi tepung

Minuman boza. (Foto: instagram.com/h4rryharry)

Dihasilkan dari fermentasi tepung rebus, minuman boza memiliki rasa asam dan manis. Hasil fermentasi ini sangat baik untuk kesehatan usus. Kandungan mikroorganisme dalam boza sebagai probiotik untuk melancarkan saluran pencernaan. Minuman boza memiliki tekstur seperti susu.

Minuman ini mengandung sedikit alkohol. Meski begitu, ibu hamil dan anak-anak diperbolehkan meminum boza. Bahkan, baik untuk meningkatkan produksi asi dan memperbesar payudara. Untuk mencicipi minuman ini, kamu bisa temukan di toko lokal Bulgaria.

2. Fiji, minuman merica

Kava Fiji. (Foto: instagram.com/kavavinaka)

Berada di Fiji, minuman bernama kava memanfaatkan tanaman asli dari Pulau Pasifik langsung. Berbahan dasar alami, minuman kava diekstrak dari akar tanaman lada atau piper methsyticum. Khasiatnya bisa membantu relaksasi tubuh dan pikiran. Hal ini dikarenakan terdapat 18 senyawa aktif yang bisa memengaruhi suasana hati jadi lebih ceria.

3. Korea Selatan, soju tangisan ikan tuna

Soju tangisan tuna. (Foto: instagram.com/iam_sun0)

Minuman beralkohol tinggi atau dikenal dengan sebutan soju, populer di Negeri Ginseng. Biasa ditemukan di restoran, bar ataupun cafe. Umumnya, soju menghadirkan cita rasa buah-buahan seperti persik dan blueberi. Dicampurkan dengan bir. Dikemas dengan menambahkan jagerbomb, menyuntikkan jagermeister ke dalam minuman berenergi.

Uniknya, ada soju yang dicampurkan air mata ikan tuna atau terkenal dengan sebutan chamji nunmulju. Kombinasi keduanya menjadikan minuman dengan konsistensi seperti jeli. Bisa kamu temukan di restoran seafood atau berkonsep Jepang.

4. Meksiko, minyak olahan daging

Mezcal de pechuga. (Foto: instagram.com/gris.uryuu)

Salah satu minuman yang populer di Meksiko adalah mezcal de pechuga. Minuman yang dicampurkan olahan daging. Di antaranya dada ayam, daging kelinci, atau kalkun mentah. Mezcal melalui proses penyulingan dan dimasak dengan uap, hingga mengeluarkan minyak. Dibuat sesuai dengan pesanan atau porsi kecil menggunakan resep keluarga kuno. Sebotol mezcal de pechuga dijual dengan harga USD 200 atau sekitar Rp2,8 juta.

5. Kanada, sentuhan jari kaki manusia

The Sourte Coctail. (Foto: instagram.com/andhwang)

Minuman unik lainnya, disajikan dalam segelas yukon jack atau tequila bernama The Soutoe Cocktail. Populer di Dawson City, Yukon. Campuran koktail dengan jari kaki manusia sungguhan. Dipercaya, sejumlah orang menyumbangkan jari kaki untuk dijadikan bahan tambahan pada minuman The Sourtoe Cocktail.

Bermula pada masa percobaan tahun 1920an, beredar legenda tentang kemunculan minuman ini. Kini, Humane Society menghadirkan Dog Ball Highball setiap tahun di Dawson City. Minuman dengan testikel anjing. (Dys)