Penonton Kecewa, Festival Geruduk Area 51 Batal Karena Persiapan Kacau Balau
VICE Indonesia

6 days ago

Penonton Kecewa, Festival Geruduk Area 51 Batal Karena Persiapan Kacau Balau

AlienStock, komunitas yang menjadi panitia acara Storm Area 51, baru saja membatalkan rencana menyerbu fasilitas rahasia militer Amerika di wilayah gurun Nevada. Mereka khawatir peserta datang tanpa bekal dan persiapan cukup, yang nantinya malah berakhir bencana.

"Kami memutuskan untuk membatalkan acaranya dikarenakan kurangnya infrastruktur, persiapan, manajemen risiko dan jaminan keselamatan bagi 10.000 peserta AlienStock," begitu kutipan pengumuman tertulis di situs AlienStock.

Panitia AlienStock dibentuk oleh laman meme Facebook “Storm Area 51”. Mereka tadinya ingin menyelenggarakan acara senang-senang pada 20 September di dekat Kota Rachel, Nevada. Pejabat kota sudah berulang kali memperingatkan lewat situs resmi supaya anak-anak meme ini tidak mendatangi Rachel. Alasannya karena banyak warga di sana yang bersenjata dan berniat melindungi properti mereka dari kedatangan orang asing. Intinya, warga tidak suka melihat ada ratusan nerd ga jelas memprovokasi militer dengan mencari kebenaran alien.

AlienStock mengatakan "Perayaan Area 51" akan pindah lokasi ke Downtown Las Vegas Events Center dan dimeriahkan musisi EDM. Konsep pesta begini jelas udah beda banget dari meme yang memicunya dulu.

"Kami takut acaranya berakhir jadi FYRE Festival dalam versi berbeda," demikian bunyi pengumumannnya. "Kami tak ingin peserta terluka dan terjebak di padang pasir tanpa perbekalan."

Artikel ini pertama kali tayang di VICE US.