Hafal Ribuan Nomor Kartu Kredit, Karyawan Toko di Tokyo Menggila Belanja Online Ilegal
VICE Indonesia

1 week ago

Hafal Ribuan Nomor Kartu Kredit, Karyawan Toko di Tokyo Menggila Belanja Online Ilegal

Ada yang ingat nomor kartu kredit lengkap dengan masa berlaku dan CVV-nya? Kalaupun ada, paling cuma segelintir orang doang. Password saja kadang masih suka dicatat di ponsel atau kertas biar enggak lupa. Nah, sekarang bayangkan gimana jadinya kalau kalian adalah pelayan toko di Jepang yang bisa menghafal ribuan info kartu kredit orang. Akan diapakan keahlian itu?

Yusuke Taniguchi bekerja paruh waktu sebagai petugas kasir di sebuah pusat perbelanjaan kota Koto, Tokyo. Menurut Sora News 24 , lelaki 34 tahun ini memiliki ingatan fotografis sehingga dia mampu mengingat informasi pembeli bahkan sebelum dicatat. Usai penangkapannya, aparat polisi menemukan buku catatan berisi 1.300 nama dan keterangan kartu kredit pelanggan.

Taniguchi ditangkap pada Maret setelah membeli dua tas seharga $2.500 (Rp35 juta) yang dikirim ke apartemen. Polisi sendirilah yang mengantarkan barang belanjaannya. Dia mengaku tas itu akan dijual kembali untuk mendapatkan uang tambahan.

Berdasarkan laporan All-Nippon News Network , Kepolisian Metropolitan Tokyo masih menyelidiki kasus ini dan menentukan seberapa besar tingkat kejahatan Taniguchi.

Find Meera di Twitter dan Instagram.

Artikel ini pertama kali tayang di VICE ASIA.