Gusti Nurul, ditaksir Bung Karno hingga Sutan Sjahrir
Merdeka.com

3 years ago

Gusti Nurul, ditaksir Bung Karno hingga Sutan Sjahrir

Merdeka.com - Selain pandai menari, G.R.Ay. Siti Nurul Kamaril Ngasarati Kusumawardhani atau akrab disapa Gusti Nurul di masa mudanya terkenal dengan kecantikannya. Kecantikan Gusti Nurul membuat tokoh-tokoh nasional jatuh hati.

Sebut saja Soekarno, Sri Sultan Hamengku Buwono IX hingga Sutan Sjahrir yang pernah jatuh hati kepada sang putri Mangkunegoro VII ini. Gusti Nurul merupakan anak ke empat dari tujuh bersaudara.

Dulu kan pak Soekarno, Sutan Sjahrir, Hamengku Buwono IX, siapa lagi yah, pokoknya semuanya jatuh cinta, kata Ir. R. Ay. Rasika Wiyarti, anak kelima almarhumah, di rumah duka Parahyangan Permai, Bandung, Selasa (10/11) malam.

Rasika menunjukkan foto wajah cantik ibunya ketika masih muda. Pada foto tersebut Gusti Ratu tampak mengenakan sanggul sedang tersenyum memperlihatkan gigi-giginya yang rapi, ada lesung pipit di pipi kirinya. Pada foto lain, ia mengenakan kebaya dan kain batik, dengan senyumnya yang khas dan lesung pipit yang sama.

Sosok Gusti Nurul juga diabadikan pula lewat lukisan yang dilukis maestro Basuki Abdullah. Pada lukisan ini Gusti Nurul mengenakan kebaya hijau dengan kain batik warna cokelat. Ia menatap ke depan dengan tatapan teduh, ada senyum samar di bibirnya yang merah.

R.Ay Parimita Wiyarti, kakak Rasika, menuturkan Basuki Abdullah juga sebagai pelukis istana. Banyak karya lukisnya dengan ruang lingkup istana dan isinya. Karena beliau (Gusti Nurul) putri Mangkunegoro VII, jadi dilukis. Beliau kan putri dari permaisuri, katanya.