Fahri Hamzah dukung Madura jadi provinsi mandiri
Merdeka.com

3 years ago

Fahri Hamzah dukung Madura jadi provinsi mandiri

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengungkapkan dukungannya terkait rencana deklarasi Provinsi Madura yang digagas Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M). Fahri mengatakan bahwa semua pihak harus menyadari bahwa faktanya Indonesia sebagai negara kesatuan memiliki wilayah yang luas dan penduduk yang banyak.

Oleh sebab itu, rencana pembentukan provinsi baru adalah tepat sebagai upaya pemekaran daerah.

"Itu adalah fakta bahwa Indonesia terlalu luas, kita harus terima, kedua fakta bahwa penduduk kita cukup besar kita harus terima. Jadi Pemerintah harus berpikir bahwa Indonesia harus dimekarkan lebih banyak dan sistem otonomi pembiayaan negara berdasarkan UU desa itu adalah masa depan Indoensia," kata Fahri di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/11).

Bagi Fahri, menyetujui Madura untuk menjadi sebuah provinsi merupakan tantangan yang besar bagi Indonesia. Dia mencontohkan bahwa Amerika Serikat di mana terdapat banyak negara bagian saja bisa berkembang dengan pesat melalui sistem federasi. Justru dengan pemekaran ini, katanya dapat menjadi tantangan yang Pemerintah pusat terutama dalam rencana pemerataan pembangunan.

"Amerika Serikat adalah negara yang tingkat pendidikannya tinggi itu pun Amerika ada beberapa state, state itu sistemnya federasi nah kita itu sistemnya kan negara kesatuan, membangun wilayah otonomi sebanyak-banyaknya dgn sistem pembiayaan yang otonomi adalah tantangan untuk Indonesia ke depan," tegasnya.

Ketika ditanya apakah Madura telah layak menjadi provinsi? Politisi PKS ini menjawabnya dengan yakin dan sedikit berkelakar bahwa Madura dapat menjadi daerah otonom yang mandiri.

"Mampulah, orang NTB aja berani, apalagi orang Madura banyak orang nekat kan Hahaha," jawabnya sambil tertawa.