Pengalaman VR hadir di Aplikasi YouTube Android
Lokadata.id

4 years ago

Pengalaman VR hadir di Aplikasi YouTube Android

Ilustrasi YouTube

Setahun sudah Google memperkenalkan sebuah gawai VR (Virtual Reality) murah dari bahan kardus dengan nama Cardboard. Melalui gawai ini, Google membawa dunia VR ke target pasar yang lebih luas karena pengguna tidak perlu membuang uang banyak untuk dapat menikmati pengalaman dunia virtual, bahkan dapat dibuat sendiri.

Hari ini (6/11/15) aplikasi pengaliran video YouTube di Android mendapatkan pembaruan yang akan memperkaya fungsi Cardboard dengan menambahkan dua fitur VR terbaru. Informasi ini datang sendiri melalui blog resmi YouTube.

Selama ini YouTube memang sudah menawarkan pengalaman immersive dimana pengguna dapat melihat sekeliling layaknya berada di dalam kondisi sama dengan video melalui video 360 derajat, namun dengan adanya penambahan fitur VR ini akan memperkaya pengalaman pengguna dengan dukungan video yang lebih banyak.

ADVERTISEMENT

Penambahan fitur kedua ke pembaruan aplikasi YouTube ini adalah kemampuan untuk menonton video apapun di YouTube dalam bentuk VR. Jadi video yang memang tidaka dibuat khusus secara VR saat diputar akan diturunkan resolusinya untuk digandakan sehingga dapat tercipta pengalaman layaknya menonton dalam teater bioskop.

Namun YouTube sudah menyediakan beberapa video yang memang dibuat untuk mendukung VR salah satunya 'The Hunger Games - Virtual Reality Experience' dimana Google mengklaim bahwa dengan pengalaman virtual akan memberikan kedalaman rasa layaknya melihat sekitar tanpa batasan, dekat terlihat dekat dan jauh terlihat jauh.

The Hunger Games - Virtual Reality Experience (VR Video)

Jika satu video dirasa kurang cukup, YouTube telah mengumpulkan video-video yang sudah mendukung teknologi VR yang dapat dilihat melalui tautan ini. Namun sekali lagi kami ingatkan tanpa gawai VR maka video ini hanya akan terlihat dua video berdampingan.

Ilustrasi fitur VR di aplikasi YouTube