Lama Dinanti, Dua Mobil Esemka Ini Akhirnya Siap Diluncurkan
IDN Times

6 days ago

Lama Dinanti, Dua Mobil Esemka Ini Akhirnya Siap Diluncurkan

Jakarta, IDN Times – Teka-teki kapan mobil Esemka akan diluncurkan akhirnya terkuak. Mobil bikinan PT Solo Manufaktur Kreasi ini kabarnya akan memperkenalkan dua mobil anyar sekaligus dalam waktu dekat.

1. Mobil komersil siap meluncur

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya, mengatakan akan ada dua mobil Esemka yang akan diperkenalkan, keduanya berjenis pikap. Mobil ini dinamai Bima dengan dua varian mesin bensin, yakni 1.200cc dan 1.300cc.

“Kendaraan penumpang belum, karena kami masih dedikasikan untuk pick up ,” kata Eddy seperti dikutip dari Antara, Selasa (13/8).

2. Tanggal peluncuran masih belum diketahui

Eddy berharap kalau bisa mobil-mobil ini akan diluncurkan tahun ini karena pabriknya di Boyolali sudah siap untuk melakukan produksi massal, namun masih ragu untuk membocorkan waktu resmi peluncurannya. Hal ini disebabkan karena pabriknya masih belum diresmikan.

Jadi menurutnya lebih baik bila pabriknya yang diresmikan terlebih dahulu, baru kemudian mobil-mobilnya resmi diluncurkan.

3. Tidak mau diklaim sebagai mobil nasional

Agak mengejutkan ya karena pihak Esema tidak ingin mengklaim mobil mereka sebagai mobil nasional.

Menurut mereka, memang benar Esemka diproduksi dan dikembangkan di Indonesia, juga menggunakan komponen lokal. Namun bukan berarti bahwa itu menjadi mobil nasional karena embel-embel mobil nasional itu memiliki banyak makna.