5 Perilaku Ini Harus Dihindari Saat Bertengkar dengan Pacar
IDN Times

6 days ago

5 Perilaku Ini Harus Dihindari Saat Bertengkar dengan Pacar

#ANGPOIN Pertengkaran itu harus disikapi dengan bijak

Sikap adalah penentu terbesar dalam kualitas hubungan bersama. Jika kamu atau pacar mempertahankan perilaku buruk maka jangan heran bila hubungan kalian terasa melelahkan dan tidak sesuai harapan. Demi memperbaiki kualitas dan memperkecil drama dalam hubungan, 5 perilaku ini harus dihindari saat bertengkar dengan pacar.

1. Melibatkan keluarga atau kerabat dekat dalam pertengkaran

dramabeans.com

Sebaiknya tidak ada campur tangan orang lain karena nanti akan memperburuk suasana. Tahan diri untuk tidak bercerita kepada keluarga atau kerabat terdekat, bicarakan baik-baik empat mata dengan situasi yang tenang.

Melibatkan orang lain akan membuat permasalahan semakin panjang dan juga membuat titik temu sulit terungkap. Justru ada pembelaan dan perasaan yang tersinggung yang biasanya timbul dari masing-masing pihak.

2. Mencetuskan kata putus tanpa ada pertimbangan matang

dramabeans.com

Jangan jadikan putus sebagai ancaman atau senjata ampuh perdamaian bagi pertengkaran. Putus atau berakhirnya hubungan bukan permainan yang bisa kamu pergunakan semaunya. Hargai hubungan sendiri dengan tidak menyepelekan kata perpisahan.

Kata putus boleh terucap saat kedua belah pihak telah mempertimbangkan jalan terbaik untuk masing-masing. Agar tidak menimbulkan penyesalan kata putus juga sebaiknya dibicarakan secara tenang, tidak di saat pertengkaran berlangsung.

3. Pergi meninggalkan dan menghindari berdiskusi

dramabeans.com

Pergi dari masalah tidak membuat kondisi membaik. Di saat seperti ini justru berdiskusi sangat dibutuhkan. Kamu gak akan menemukan jalan keluar bila tidak berusaha mencarinya. Mengulur penyelesaian masalah bisa membuat masalah semakin berkembang.

Pergi untuk menangkan diri memang diperbolehkan agar pikiran tenang tapi jangan pernah untuk pergi tanpa memberi kejelasan seolah tak bertanggung jawab atas masalah yang ada.

4. Mencampurkan semua masalah jadi satu

dramabeans.com

Gak jarang satu masalah bisa merembet ke hal-hal lain yang sebelumnya tidak terbawa. Ini adalah kebiasaan buruk yang tidak seharusnya dipertahankan. Bila pertengkaran ingin segera diselesaikan maka jangan menambahnya dengan berbagai cacian atau keluhan tentang sikap pasangan di hari-hari sebelumnya

Meskipun perasaan jadi lega setelah mengungkapkannya namun ini bukan saat yang tepat untuk sebuah proses penyelesaian masalah.

5. Jangan pernah bertengkar di depan publik

dramabeans.com

Bertengkar di depan publik bukan hanya membuat masalah semakin rumit. Ada orang lain yang menyaksikan dan itu hal yang memalukan. Jaga harga diri masing-masing dengan bersikap bijaksana dan dewasa.

Pertengkaran adalah kondisi yang dikonsumsi secara pribadi bukan menjadi tontonan yang tidak layak bagi publik. Kontrol emosi saat bertengkar di tengah perjalanan, bicarakan saat situasinya sudah mendukung.

Menghindari 5 perilaku di atas akan membuat hubunganmu jadi semakin berkualitas dan minim drama. Kalau menurutmu apa lagi hal yang harusnya di hindari saat bertengkar selain hal-hal tadi?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Just For You