Tak Hanya Biaya, Ini yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Operasi Gigi Bungsu
SehatQ.com

1 week ago

Tak Hanya Biaya, Ini yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Operasi Gigi Bungsu

Ketika rasa nyeri karena gigi bungsu tumbuh tak lagi tertahankan, artinya operasi gigi bungsu harus segera dilakukan. Tapi tentu saja, melakukan operasi gigi bungsu tidak sesederhana mencabut gigi biasa.

Gigi bungsu yang biasa disebut wisdom tooth haruslah dioperasi apabila tumbuh ke arah yang tidak semestinya. Jika dibiarkan lebih lama, bisa saja gigi bungsu ini akan melukai dinding mulut atau geraham kedua yang ada di depannya.

Untuk itu, kenali apa saja prosedur operasi gigi bungsu hingga apa yang harus dipersiapkan. Tak kalah penting, cari tahu pula berapa biaya operasi gigi bungsu.

Persiapan sebelum operasi gigi bungsu

Sebenarnya, operasi gigi bungsu adalah prosedur yang sederhana. Meski demikian, tetap tidak bisa disamakan dengan cabut gigi biasa. Itu sebabnya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan operasi gigi bungsu, di antaranya:

Konsultasi dengan dokter gigi

Ketika muncul rasa nyeri di geraham belakang, tentu ada banyak faktor yang bisa jadi pemicunya. Daripada menebak-nebak tanpa tahu apa sebab pastinya, lebih baik segera konsultasikan pada dokter gigi .

Biasanya, rasa nyeri terjadi ketika ada peradangan di gusi. Dokter tidak akan melakukan tindakan operasi saat radang masih terjadi. Biasanya, dokter akan meminta Anda melakukan foto rontgen sebelum mengambil tindakan.

Siapkan biaya operasi gigi bungsu

Mengingat impaksi gigi bungsu merupakan kasus yang cukup kompleks dan memerlukan prosedur operasi, Anda juga perlu mempersiapkan biaya operasi gigi bungsu.

Umumnya, biayanya dimulai dari 2-4 juta rupiah, namun biaya tersebut bisa lebih rendah atau lebih tinggi tergantung dari tempat Anda melakukan operasi gigi bungsu.

Sebelum Anda melakukan operasi, jangan ragu untuk melakukan riset dengan siapa operasi akan dilakukan, bagaimana track record dokter gigi tersebut, hingga berapa biaya operasi gigi bungsu yang perlu dipersiapkan.

Foto rontgen panoramik

Pada foto rontgen jenis panoramik, akan terlihat gambaran gigi rahang atas dan rahang bawah secara keseluruhan. Untuk melakukannya, Anda perlu pergi ke rumah sakit atau laboratorium.

Dari gambar yang dihasilkan, akan terlihat dengan jelas ke mana arah tumbuhnya gigi bungsu penyebab nyeri ini. Pada mereka yang mengalami impaksi, gigi bungsu akan terlihat tumbuh dalam posisi miring dan mendorong gigi lain yang sudah tumbuh sebelumnya. Gigi bungsu juga bisa tertanam sepenuhnya di dalam gusi.

Dokter bisa mengambil tindakan yang lebih akurat dengan melihat hasil foto panoramik ini. Ketika operasi dilakukan, hasil rontgen akan dipasang di ruang operasi untuk memudahkan prosesnya. Biaya foto rontgen panoramik bervariasi namun rata-rata sekitar 100-500 ribu rupiah.

Buat janji tindakan

Jika telah jelas Anda mengalami impaksi dan harus diambil tindakan operasi, segera buat janji kapan operasi akan dilakukan. Biasanya, orang akan memilih waktu yang keesokan harinya adalah waktu libur sehingga pemulihan bisa berlangsung maksimal. Apalagi, biasanya pascaoperasi gigi bungsu, pipi akan tampak besar sebelah akibat pembengkakan yang terjadi.

Menjalani operasi

Pada awal operasi, Anda akan diberi bius lokal. Operasi akan berlangsung sekitar 30-60 menit atau lebih, bergantung pada kesulitan dan posisi gigi bungsu Anda. Dokter akan membuat sayatan tipis di gusi dan mengurangi ketebalan tulang yang menutup akses ke akar gigi.

Kemudian, gigi bungsu atau geraham ketiga ini akan dibagi menjadi beberapa bagian sehingga lebih mudah mencabutnya. Setelah gigi bungsu terangkat, dokter akan membersihkan gusi dan bila perlu menjahit untuk mempercepat proses pemulihan.

Penting dilakukan usai operasi gigi bungsu

Tak hanya persiapannya, pascaoperasi juga merupakan fase penting untuk menghindari infeksi atau komplikasi. Beberapa prosedur yang perlu Anda lakukan adalah:

• Minum obat pereda nyeri yang diresepkan dokter sesuai dengan dosis

• Kompres pembengkakan di pipi dengan handuk dan air dingin

• Banyak minum air putih dan hindari minuman beralkohol, kafein, atau soda

• Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas

• Perbanyak mengonsumsi minuman dingin agar darah cepat membeku

• Hindari minum dengan sedotan karena aktivitas menyedot bisa memicu pendarahan

• Konsumsi menu yang lembut untuk 24 jam pertama usai operasi. Hindari makanan pedas, keras, atau alot.

• Saat mengunyah, gunakan sisi rahang yang berbeda dari posisi pencabutan gigi.

• Jika Anda perokok aktif, sebaiknya hindari dulu merokok hingga tiga hari usai operasi atau lebih lama lagi jika memungkinkan. Paparan tembakau dapat membuat penyembuhan jadi lebih lama.

• Jika ada jahitan, jadwalkan pembukaan jahitan sekaligus kontrol dengan dokter gigi yang melakukan tindakan operasi

• Dalam 24 jam pertama usai operasi, sebaiknya jangan menyikat gigi atau berkumur. Setelah sehari, sikatlah gigi dengan sangat lembut terutama di bagian yang baru dioperasi.

• Jangan berkumur terlalu keras karena bisa membuat gumpalan darah terlepas dan area bekas pencabutan kembali berdarah.

Mengapa operasi gigi bungsu perlu dilakukan?

Gigi bungsu akan mengalami impaksi saat tidak ada ruang yang cukup pada rahang untuk gigi tumbuh dengan normal. Konsekuensi dari rahang yang tidak cukup ini adalah arah tumbuh gigi bungsu ke berbagai arah yang tidak semestinya.

Beberapa alasan mengapa operasi gigi bungsu perlu dilakukan di antaranya:

Mencegah terjadinya infeksi di area sekitar gigi bungsu

Gigi bungsu yang tumbuh miring, akan membuat sisa makanan menjadi mudah tersangkut di sela-selanya. Lokasi gigi bungsu yang berada di bagian rahang paling belakang pun membuatnya sulit dibersihkan.

Hal tersebut membuat sisa makanan menumpuk dan lama kelamaan membusuk karena diolah oleh bakteri. Semakin lama, infeksi bakteri akan semakin parah dan menyebabkan peradangan, sehingga gusi akan membengkak, timbul rasa nyeri, dan demam.

Mencegah rusaknya gigi geraham di depannya

Ketika gigi bungsu tumbuh miring dan menempel ke sebagian gigi geraham di depannya, maka area tersebut akan sulit untuk dijangkau sikat gigi maupun benang gigi ( dental floss ). Hal tersebut membuat gigi geraham kedua menjadi lebih rentan berlubang.

Mencegah pergeseran gigi-gigi di depannya

Gigi bungsu yang tumbuh miring, dalam jangka waktu lama akan membuat gigi-gigi di depannya bergeser akibat dorongan yang diberikan. Efek dorongan tersebut lama kelamaan akan menjalar ke gigi-gigi lain dan membuat susunan gigi terlihat berantakan.

Selama persiapan dilakukan dengan matang, operasi gigi bungsu akan berlangsung dengan lancar. Lebih baik repot sedikit dengan urusan operasi gigi bungsu daripada harus berhadapan dengan risiko masalah gigi lebih besar jika impaksi gigi bungsu dibiarkan.