Piramida 4 Meter Ini Dibuat dari Sampah Botol Plastik Pendaki Merbabu...
Kompas.com

1 week ago

Piramida 4 Meter Ini Dibuat dari Sampah Botol Plastik Pendaki Merbabu...

BOYOLALI, KOMPAS.com - Piramida setinggi 4 meter menghiasi jalan utama Dukuh Surodadi, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali , Jawa Tengah.

Piramida memiliki lebar 8 meter dan panjang 12,5 meter tersebut terbuat dari bahan utama botol plastik bekas berukuran 1.500 ml yang dibuang para pendaki Gunung Merbabu .

Piramida dari botol plastik bekas tersebut diciptakan oleh Kelompok Pecinta Alam (KPA) Rajawali, Karang Taruna Perisai dan warga Dukuh Surodadi.

Pembuatan piramida itu untuk memberikan edukasi atau pendidikan kepada para pendaki Gunung Merbabu agar tidak membuang sampah secara sembarangan.

Ketua KPA Rajawali, Agus Sutarno (35) menceritakan ide pertama kali membuat piramida itu karena banyaknya sampah botol plastik bekas yang dibuang secara sembarangan para pendaki di Gunung Merbabu.

Botol-botol tersebut kemudian dikumpulkan relawan KPA Rajawali dan Karang Taruna Dukuh Surodadi dari Gunung Merbabu kemudian diangkut ke bawah.

Setelah semuanya terkumpul botol plastik bekas tersebut kemudian disusun membentuk piramida.

"Kita prihatin banyak sampah plastik dan botol plastik bekas air mineral yang dibuang sembarangan para pendaki Gunung Merbabu," ucap Tarno ditemui di Sekretariat KPA Rajawali di Dukuh Surodadi, Desa Tarubatang, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (12/8/2019).

Proses pembuatan piramida dari botol plastik bekas membutuhkan waktu selama satu bulan. Pembuatan telah dilakukan sejak awal Juli 2019 mengabiskan sekitar 12.000 botol plastik bekas.

Halaman:

Tag:

"Ini bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan terutama dalam mengurangi sampah plastik di Taman Nasional Gunung Merbabu," ungkap Tarno.

Piramida dari botol plastik bekas itu mereka beri warna alami. Pewarnaan menggunakan sampah plastik yang juga mereka kumpulkan dari Gunung Merbabu.

"Sampah plastik kita masukkan ke dalam botol. Sehingga botol itu warnanya terlihat alami," terang dia.

Menurut Tarno pembuatan piramida dari botol plastik bekas tersebut belum sempurna.

Sampai saat ini masih ada beberapa pengerjaan, salah satunya menyelesaikan pembuatan pintu piramida.

Dia menyebutkan pembuatan piramida dari botol plastik bekas ini juga untuk memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Pada bagian atas piramida itu dipasangi bendera merah putih.

"Pembuatan piramida dari sampah botol plastik bekas baru pertama kali ini. Kami senang bisa ikut terlibat dalam pembuatan piramida," ujar Seksi Humas Karang Taruna Perisai Dukuh Surodadi, Sutanto (25).