Permudah Warga Naik Transportasi Umum, DKI Pasang Peta Rute di 28 Halte
Kompas.com

16 weeks ago

Permudah Warga Naik Transportasi Umum, DKI Pasang Peta Rute di 28 Halte

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ) memasang informasi soal rute transportasi umum di 28 halte di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman sampai Jalan MH Thamrin.

Pemasangan informasi ini bertujuan untuk memudahkan warga menggunakan transportasi umum.

"Peta yang dipasang adalah peta yang mengintegrasikan semua moda transportasi umum. Peta ini bukan peta satu moda, tapi semua moda," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Halte Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Menurut Anies, peta yang dipasang di tiap halte akan berbeda. Sebab, peta yang dipasang di sebuah halte menunjukkan moda transportasi umum yang melintasi atau berhenti di halte tersebut.

" Signage ini secara berkala akan mengalami pembaharuan. Di tempat-tempat di mana ada rute tambahan, tanda-tandanya akan di- upgrade ," kata dia.

Anies menyebut peta rute ini nantinya akan dipasang di seluruh halte di Jakarta. Selain dipasang di halte, rute transportasi umum ini juga dicetak dalam bentuk booklet .

"Dengan cara ini, masyarakat nantinya punya informasi yang bisa handy dibawa mereka," ucap Anies.

Peta rute transportasi umum yang dibuat Pemprov DKI menggunakan dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dengan demikian, wisatawan mancanegara juga bisa menggunakan peta rute tersebut sebagai panduan mereka berkeliling Jakarta dengan transportasi umum.

" Signage yang dipasang di sini adalah signage yang siap untuk memberi informasi bagi tamu-tamu Jakarta dari seluruh dunia," tutur Anies.

Tag: