Wajarkah Perempuan Selalu Mengalami Keputihan Terus Menerus?
Womantalk.com

1 week ago

Wajarkah Perempuan Selalu Mengalami Keputihan Terus Menerus?

Setiap perempuan tentu pernah mengalami keputihan , tetapi tenang saja itu hal yang wajar, kok. Biasanya muncul saat sebelum atau sesudah masa menstruasi. Namun, ada beberapa situasi yang harus diwaspadai yang menandakan gejala kesahatan tertentu. Berikut ini bedanya keputihan normal dan tidak.

By Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini Saat Anda Mengalami Keputihan

Keputihan normal

Normalnya keputihan bewarna putih atau kuning yang sering terlihat bercaknya pada celana dalam. Urusan seberapa banyak jumah keputihan, umumnya setiap perempuan mengalaminya berbeda-beda yang disebabkan dari berbedanya aktivitas dan kondisi setiap perempuan yang berbeda. Sedangkan untuk waktu menstruasi normalnya keputihan akan datang saat mendekati hari datang bulan Anda.

Normalnya keputihan akan muncul pada hari ke-1 sampai ke-5. Mungkin Anda sering mengalaminya bercak yang sering disebut flek. Keputihan sesudah masa menstruasi hari ke-6 sampai ke-14 atau pada saat menjelang masa subur Anda, hari ke-15 sampai ke-25 setelah menstruasi.

By Apakah Anda Sering Keputihan? Perhatikan Warnanya Untuk Mendeteksi Kesehatan Vagina

Keputihan tidak normal

Keputihan yang terus melulu bisa dikatakan normal bila dilihat pada aktivitas tubuh masing-masing perempuan. Namun, dikatakan tidak normal apabila warna, tekstur, baunya mengalami perubahan, dan muncul setiap hari. Misalnya bau keputihan berbau menyengat sampai mengganggu. Teksturnya yang mengganggu kegiatan sehari-hari dan warnanya yang bukan putih atau kuning. Durasinya yang muncul setiap hari disertai dengan rasa gatal dan nyeri pada vagina. Kalau sudah seperti contoh tersebut, ini sudah saatnya Anda untuk memeriksakan kondisi kesehatan Anda. Sebab terlalu sering mengalami keputihan bisa menunjukkan tanda vaginitis (peradangan vagina).