Bukan Mobil Penumpang, Esemka Siapkan Produksi Mobil Niaga
iNews.id

17 weeks ago

Bukan Mobil Penumpang, Esemka Siapkan Produksi Mobil Niaga

JAKARTA, iNews.id - PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) berencana memproduksi mobil niaga ( pickup ). Fasilitas produksi tersebut tengah disiapkan di Boyolali, Jawa Tengah.

"Kendaraan penumpang belum, karena kita masih dedikasikan untuk pickup , kita sedang berproses," kata Presiden Direktur Esemka, Eddy Wirajaya di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Saat ini, kata dia, perusahaan tengah menyiapkan perencanaan produksi. Nantinya, Esemka akan membeli kendaraan prototip sebagai acuan mobil yang diproduksi sebagai bagian dari transfer teknologi.

Selanjutnya, Eddy mengatakan, SMK akan membeli komponen kendaraan dalam bentuk terurai lengkap untuk dirakit. Komponen ini bisa berasal dari dalam dan luar negeri.

Saat ini, Esemka sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan lokal untuk komponen kendaraan seperti ban, pelek, kaca, aki, alternator, starter, filter-filter, jok, gril, knalpot, sabuk-v, bak kargo, tangki bahan bakar, sasis, dan per daun.

Eddy berharap, rantai pasokan mobil Esema yang lengkap dari perusahaan lokal ini diharapkan bisa berkontribusi pada industri komponen kendaraan bermotor. Akhirnya, dapat pula mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.