Ayo Rajin Konsumsi 5 Makanan Ini Untuk Menjaga Kesehatan Otak Anda!
Womantalk.com

1 week ago

Ayo Rajin Konsumsi 5 Makanan Ini Untuk Menjaga Kesehatan Otak Anda!

Menjaga kesehatan otak sedari muda sangat penting dilakukan agar di masa tua terhindar dari penyakit kehilangan memori, seperti demensia dan Alzheimer. Salah satu caranya adalah dengan konsumsi makanan yang tepat, seperti di bawah ini.

Kacang kenari

Kacang-kacangan adalah sumber vitamin E luar biasa, yang menurut sebuah studi pada 2014 dapat membantu mencegah penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer seiring bertambahnya usia. Salah satu jenis kacang-kacangan yang menjadi makanan terbaik untuk otak adalah kacang kenari.

By 7 Manfaat Lain Selai Kacang Selain Untuk Penambah Rasa Makanan

Telur

Makanan ini kaya akan kolin, yaitu nutrisi seperti vitamin B. Saat Anda makan telur, otak menggunakan kolin untuk membuat asetilkolin, neurotransmitter yang penting untuk menjaga daya ingat dan komunikasi di antara sel-sel otak. Penelitian dari Universitas Boston menyebutkan, asupan kolin berkorelasi positif dengan kinerja yang lebih baik pada jenis tes memori tertentu.

Bluberi

Buah mungil ini membantu melindungi otak dari stres oksidatif dan dapat mengurangi efek kondisi terkait usia, seperti penyakit Alzheimer atau demensia. Dalam sebuah studi baru, para peneliti memberi sekelompok orang dewasa dengan gangguan kognitif ringan—kondisi berisiko Alzheimer—bubuk bluberi kering-beku setiap hari. Setelah 16 minggu, mereka mengalami peningkatan daya ingat dan aktivitas otak, serta kinerja kognitif yang lebih baik.

Avokad

Ann Kulze, MD, mengatakan, buah ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang berkontribusi terhadap aliran darah sehat di otak, sehingga membantu setiap organ dalam tubuh Anda, terutama otak dan jantung. Avokad juga dapat menurunkan tekanan darah, yang dapat membantu menjaga otak dalam kondisi prima.

By Setelah Kopi Avokad, Kini Muncul Pizza Avokad

Ikan salmon dan tuna

Otak menyukai asam lemak omega-3—yang terkandung dalam ikan salmon dan tuna—karena dianggap memainkan peran penting dalam fungsi kognitif. Menurut penelitian University of Pittsburgh, orang dewasa di bawah usia 25 yang lebih banyak makan makanan mengandung omega-3 selama enam bulan, akan mengalami meningkatkan skor pada tes yang mengukur memori kerja di otak mereka.

Cover: AgileLeanLife