Malam Ini, Puncak Hujan Meteor Perseid Bakal Terlihat dari Indonesia
Kumparan.com

1 week ago

Malam Ini, Puncak Hujan Meteor Perseid Bakal Terlihat dari Indonesia

Malam ini, 13 Agustus 2019, Indonesia akan mendapat suguhan pemandangan cantik hujan meteor Perseid. Jika cuaca mendukung, hujan meteor Perseid ini bisa terlihat dari seluruh Indonesia.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan bahwa puncak hujan meteor Perseid adalah malam hari ini (13/8) sampai esok (14/8) dini hari.

Menurut LAPAN, hujan meteor yang terjadi setiap tahun ini bisa dilihat dengan mata telanjang. Mereka menambahkan bahwa kita bisa melihat antara 50 sampai 70 meteor melintas langit.

Namun, penampakannya bakal agak terganggu oleh Bulan. Sebab, sekarang Bulan sedang fase purnama.

"Kalau ingin melihat jelas, sebaiknya menunggu Bulan sudah agak turun. Mungkin waktu dini hari," ujar Tiar Dani, peneliti astronomi dan astrofisika LAPAN, saat dihubungi kumparanSAINS , Selasa (13/8).

LAPAN sendiri menyarankan agar mereka yang mau melihat mencari tempat yang polusi cahayanya rendah.

Hujan meteor Perseid

Hujan meteor Perseid berasal dari pecahan Komet Swift-Tuttle. Nama Perseid ini diberikan karena hujan meteor bisa dilihat pada konstelasi Perseus, jelas LAPAN.

Pada 2019 ini, Bumi melewati jalur lintasan komet tersebut mulai dari 17 Juli sampai 24 Agustus. Komet itu adalah objek terbesar yang diketahui berulangkali melewati Bumi. Hujan meteor yang kita lihat merupakan debu dan potongan dari komet itu yang masuk ke atmosfer.