17 Manfaat Buah Naga, Salah Satunya Bantu Cegah Kanker
SehatQ.com

17 weeks ago

17 Manfaat Buah Naga, Salah Satunya Bantu Cegah Kanker

Di balik warnanya yang cerah dan rasa segarnya, buah naga ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, hingga membantu mencegah kanker, manfaat buah naga sangatlah sayang untuk dilewatkan.

Intip kandungan nutrisi buah naga

Manfaat buah naga, bisa didapatkan karena kandungan nutrisinya yang beragam. Dalam 100 gram (7 sendok makan) buah naga, terkandung nutrisi-nutrisi sebagai berikut.

• Kalori: 264

Protein: 3,57 g

• Karbohidrat: 82,14 g

• Serat: 1,8 g

• Kalsium: 107 mg

• Gula: 82,14 g

• Vitamin C: 6,4 mg

• Natrium: 39 mg

Salah satu hal yang membuat buah naga menjadi alternatif kudapan sehat adalah tidak adanya kandungan lemak dan kolesterol dalam buah ini.

Manfaat buah naga untuk tubuh

Manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh, bukanlah fakta baru. Namun, manfaat buah naga secara spesifik belum banyak menjadi perhatian. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapat, dari mengonsumsi buah yang satu ini.

1. Membantu meredakan penyakit kronis

Buah naga kaya akan antioksidan yang dapat membantu meredakan berbagai jenis penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan arthritis . Antioksidan akan bekerja dengan lebih baik, apabila didapatkan secara alami dari makanan, dibandingkan dari suplemen atau obat.

2. Kaya akan serat yang baik untuk tubuh

Tidak hanya berkaitan dengan kesehatan pencernaan, serat juga dapat berperan melindungi tubuh dari kondisi lain seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan menjaga berat badan ideal.

3. Menyehatkan saluran pencernaan

Menyehatkan saluran pencernaan, merupakan salah satu manfaat buah naga yang bisa Anda dapatkan. Buah naga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, yang berguna untuk kesehatan saluran pencernaan.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi juga ditentukan dari jenis makanan yang Anda konsumsi. Vitamin C dan keratinoid yang ada pada buah naga, bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi, dengan cara melindungi sel darah putih dari kerusakan.

5. Meningkatkan kadar zat besi di tubuh

Tidak banyak buah yang mengandung zat besi . Buah naga salah satunya. Zat besi diperlukan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan mencerna makanan untuk dijadikan sumber energi.

6. Sumber magnesium yang baik

Kandungan magnesium yang ada pada buah naga terhitung tinggi, jika dibandingkan dengan buah lainnya. Mengonsumsi satu buah naga berukuran sedang seberat sekitar 100 gram, dapat memenuhi 18% kebutuhan magnesium harian untuk tubuh.

Magnesium dibutuhkan oleh tubuh untuk proses biokimia yang berlangsung di tubuh. Selain itu, mineral ini juga disebut dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

7. Membantu mengontrol gula darah

Kandungan serat yang ada pada buah naga, membuatnya baik untuk penderita diabetes tipe 2 . Serat akan membantu perut merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda dapat membatasi konsumsi makanan. Selain itu, buah naga juga membantu menurunkan kadar gula darah.

8. Baik untuk jantung

Buah naga disebut dapat membantu mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung dan stroke. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidan yang ada di dalam buah naga.

Selain itu, biji buah naga juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di tubuh.

9. Membantu mencegah kanker

Buah naga juga dipercaya mencegah kanker karena kandungan vitamin C dan likopen di dalamnya. Selain itu, antioksidan yang terdapat pada buah naga juga telah terbukti membantu mengurangi sel-sel kanker yang ada di tubuh.

10. Baik untuk kesehatan kulit

Untuk kesehatan kulit, buah naga bermanfaat mengurangi kerutan dan mengatasi jerawat serta kulit kering. Manfaat tersebut didapatkan dari vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

11. Mengurangi peradangan di tubuh

Bagi Anda yang menderita nyeri kronis akibat rheumatoid arthritis , mengonsumsi buah naga dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi. Buah ini mengandung zat anti peradangan yang juga bekerja sebagai pereda nyeri alami.

Meski begitu, buah naga tidak akan menghilangkan nyeri kronis secara total. Buah ini hanya membantu meredakannya.

12. Baik untuk kesehatan tulang

Manfaat buah naga untuk kesehatan tulang didapatkan dari kandungan magnesium di dalamnya. Magnesium telah terbukti penting untuk menjaga tulang agar tetap kuat.

13. Sumber vitamin B yang baik untuk tubuh

Buah naga mengandung vitamin B1, B2, dan B3 yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Selain itu, vitamin B juga baik untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid, menjaga kadar hemoglobin, dan berperan dalam metabolisme karbohidrat.

14. Baik untuk kesehatan rambut

Mengonsumsi buah naga, dapat membantu menjaga rambut agar tetap sehat dan berkilau. Kandungan nutrisi di dalam buah naga, juga akan membantu mengurangi kerusakan rambut yang timbul akibat bahan kimia dari pewarna rambut.

15. Dapat membantu mencegah penyakit mata

Buah naga disebut dapat mencegah pertumbuhan protein sitokrom P450 di hati. Protein ini, sering dihubungkan dengan terjadinya glaukoma kongenital. Selain itu, kandungan beta karoten pada buah naga juga dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya degenerasi makula (gangguan medis pada mata, yang biasa menyerang lansia) dan katarak.

16. Baik untuk ibu hamil

Buah naga baik untuk ibu hamil karena mengandung zat besi, vitamin B, dan folat. Zat besi pada ibu hamil berguna untuk mencegah anemia. Sementara itu, vitamin B dan folat dapat mencegah bayi cacat saat lahir dan meningkatkan energi.

17. Meningkatkan kerja otak

Salah satu manfaat buah naga yang mungkin belum banyak diketahui orang adalah meningkatkan kerja otak. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin B dan vitamin C dalam buah naga.

Kedua vitamin tersebut, dipercaya dapat membantu sel membran tetap sehat. Aktivitas vitamin tersebut di tubuh juga dapat membantu mencegah terjadinya gangguan kognitif dan menjaga fungsi otak agar tetap sehat.

Perhatikan juga efek konsumsi buah naga

Di balik manfaat buah naga yang melimpah, Anda tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsi buah yang satu ini. Secara umum, buah naga memang aman untuk dikonsumsi.

Namun, pada beberapa orang, buah ini bisa menimbulkan alergi. Saat seseorang mengalami alergi buah naga , gejala seperti pembengkakan di lidah, bentol-bentol, hingga muntah-muntah bisa terjadi.

Buah naga merah juga bisa berpengaruh pada air seni Anda. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, buah naga bisa membuat air seni yang keluar, menjadi berwarna merah muda. Meski begitu, kondisi ini tidaklah berbahaya. Warna air seni akan kembali normal setelah buah tersebut selesai dicerna dan keluar dari sistem pencernaan di tubuh.

Anda bisa memperoleh manfaat buah naga bagi kesehatan, dengan memasukkannya ke dalam menu harian. Selain lezat, buah naga pun praktis untuk dikonsumsi. Anda bisa langsung menyantapnya, atau mengolahnya menjadi beragam menu seperti menjadi puding hingga jus.