Kiat menjaga kualitas udara dalam kabin mobil
Beritagar.id

1 week ago

Kiat menjaga kualitas udara dalam kabin mobil

Beberapa hari terakhir orang ramai membicarakan kualitas udara di DKI Jakarta yang masuk kategori tidak sehat. Menurut data AirVisual (2/8), Air Quality Index (AQI) Jakarta berada di angka 155.

AQI merupakan indeks yang menggambarkan kualitas udara di suatu daerah. AQI dihitung berdasarkan enam jenis polutan utama, yaitu PM 2,5, PM 10, karbon monoksida, asam belerang, nitrogen dioksida, dan ozon permukaan tanah.

Rentang nilai dari AQI adalah 0-500. Makin tinggi nilainya berarti makin tinggi tingkat polusi udara di wilayah tersebut. Skor 0-5 berarti kualitas udara bagus, 51-100 berarti moderat, 101-150 tidak sehat bagi orang yang sensitif, 151-200 tidak sehat, 201-203 sangat tidak sehat, dan 301-500 ke atas berarti berbahaya.

Kualitas udara yang ada di kategori tidak sehat (151-200) berdampak pada kesehatan semua orang, bahkan lebih parah untuk kelompok sensitif. Kegiatan luar ruang sebaiknya dihindari mereka yang menderita penyakit pernapasan. Sementara anak-anak sebaiknya membatasi aktivitas di luar ruangan.

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, khususnya mobil, Anda memiliki tanggung jawab untuk merawat mobil dengan baik agar emisi yang dikeluarkan tidak membuat polusi udara semakin buruk.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah merawat mobil secara rutin di bengkel resmi. Penggunaan pelumas, suku cadang, dan bahan bakar minyak yang sesuai standar anjuran pabrikan mobil dapat membuat mesin mobil bekerja lebih efisien dan menghasilkan emisi yang lebih rendah.

Selain itu, saat udara di luar sudah tidak sehat, Anda perlu menjaga kualitas udara di dalam kabin mobil agar tetap nyaman selama perjalanan. Setidaknya ada empat cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kualitas udara dalam kabin mobil.

Pertama, selalu jaga kebersihan kabin mobil. Kumpulkan dan buang sampah di dalam mobil secara rutin agar kebersihan kabin terjaga. Hindari merokok atau makan di dalam mobil, karena aromanya dapat menempel di dalam kabin mobil cukup lama.

Kedua, bersihkan saringan udara (filter AC) secara rutin. Posisi saringan udara umumnya ada di dalam kabin mobil dan mudah dijangkau. Cara membersihkannya dengan menepuk saringan udara agar kotoran terlepas dan menjemurnya beberapa saat agar bakteri mati.

Ketiga, pasang pengharum mobil dengan bahan organik di dalam kabin. Selain wanginya yang lebih natural, pengharum organik terbuat dari bahan ramah lingkungan sehingga udara dalam mobil terasa lebih segar dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Terakhir, lengkapi mobil Anda dengan Car Air Purifier. Fungsi alat tersebut untuk menyaring bakteri dan kotoran di udara yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Dengan begitu udara di dalam kabin lebih bersih dan memperlancar aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Infografik menjaga kualitas udara dalam kabin mobil

Untuk menambah kenyamanan selama perjalanan, Anda dapat menambahkan asuransi kendaraan tepercaya seperti Asuransi Garda Oto. Melalui layanan Garda Oto Digital, Anda akan diberikan kemudahaan saat mendaftar maupun saat proses klaim.

Tak hanya itu, Garda Oto juga menawarkan sejumlah kemudahan seperti Garda Akses (tim call center profesional yang dapat dihubungi kapan pun), Garda Siaga (tim yang siap membantu selama 24 jam jika terjadi masalah darurat) tanpa pungutan biaya, dan pengajuan emergency request sesuai kebutuhan yang dapat menghemat waktu dan biaya.

Khusus pembelian asuransi pada bulan ini, Anda dapat menikmati promosi GOMERDEKA dari asuransi Garda Oto Digital. Setiap pembelian asuransi kendaraan menggunakan kode promo tersebut, akan mendapatkan bonus e-Toll untuk 600 KM perjalanan, perluasan kecelakaan diri penumpang hingga Rp10 juta, dan fasilitas cicilan 0% mulai 3 hingga 6 bulan.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan, #TauGitu segera mendaftarkan kendaraan kesayangan Anda. Untuk informasi lebih detail tentang Garda Oto Digital silakan menuju tautan ini .

]]>