Produsen Mobil Esemka Segera Rilis Produk
Medcom.id

17 weeks ago

Produsen Mobil Esemka Segera Rilis Produk

Jakarta : Produksi mobil nasional dengan nama merek Esemka dipastikan siap untuk diproduksi massal. Rencananya peluncuran produk pertama bakal dilakukan tahun ini.

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya mengatakan fasilitas pabrik dan tenaga kerja produksi Esemka saat ini telah siap di Boyolali, Jawa Tengah. Kendaraan roda empat pertama yang sedang dikembangkan tersebut bertipe pick up yang diberi nama Bima.

"Mudah-mudahan bisa tahun ini, doakan saja," kata Eddy ditemui di kompleks Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Selasa, 13 Agustus 2019.

Menurut Eddy pihaknya merupakan perusahaan swasta nasional yang terpanggil untuk mewujudkan cita-cita Presiden Joko Widodo terhadap kehadiran mobil nasional. Meski belum membuka latar belakang investor, Eddy memastikan dana modal yang digunakan murni dari dalam negeri.

Tenaga kerja terampil juga ditegaskan berasal dari lulusan SMK yang berada di wilayah Solo Raya maupun Jawa Tengah pada umumnya. Saat ini lulusan SMK dan politeknik yang telah bergabung di fasilitas produksi juga terdapat siswa-siswi magang dari berbagai SMK Boyolalli, Solo, dan Semarang.

" Pure (investasi) merah putih, semua merah putih," kata Eddy.

Dalam memulai tahap perencanaan produksi, lanjut dia, Esemka menggunakan sistem transfer teknologi dengan membeli prototype vehicle sebagai contoh barang yang akan diproduksi. Selanjutnya sparepart kendaraan dalam bentuk terurai lengkap dari dalam dan luar negeri juga dihadirkan untuk melatih tenaga kerja dalam meningkatkan kemampuan individu serta membangun kerja sama tim dalam memproduksi kendaraan.

"Sampai dengan saat ini, tenaga kerja kami telah berhasil memproduksi kendaraan dengan jumlah ratusan unit. Kami sedang berproses dan kami akan infokan apabila akan launching produk," ungkapnya.

Ia memastikan fasilitas produksi sesuai dengan regulasi yang dipersyaratkan di dalam Permenperin. Seluruh kelengkapan fasilitas produksi kendaraan komersial telah tersedia mulai dari mesin, bodi, sasis, pengecatan hingga ruang pamer.

"Yang jelas komersial kalau tidak kita tidak hidup dong. Passengger car belum karena kami masih dedikasikan untuk pick up komersial," paparnya.

Eddy menambahkan produknya bakal memiliki ciri khas tersendiri untuk bisa memenuhi selera konsumen di Indonesia. Fokus inovasi diletakkan terutama pada komponen mesin dan besaran daya angkut.

"Kami akan launching dulu, kalau sekarang kamu ngomong tidak ada kejutan. Pick up kami secara size dan kapasitas engine berbeda nanti akan kami jelaskan detail pada saat kami launching ," tutupnya.