Wajib Tahu, Ini 5 Cara Memaksimalkan Sistem Imun Bayi
Orami Magazine

17 weeks ago

Wajib Tahu, Ini 5 Cara Memaksimalkan Sistem Imun Bayi

Moms dan Dads tentu ingin melindungi Si Kecil dari segala macam bahaya.

Baik melindunginya dari kemungkinan terjatuh, memar, infeksi hingga terjangkit penyakit yang sebenarnya dapat dihindari.

Untuk membantu Si Kecil terhindar dari sakit, penting untuk melakukan kebiasaan baik dan mengambil langkah-langkah penting sejak dini, agar sistem imun bayi lebih maksimal.

Berikut ini lima hal yang dapat Moms lakukan untuk membantu memaksimalkan sistem imun bayi.

1. Perbanyak Sayur & Buah

Foto: sciencenews.org

Usahakan agar Si Kecil makan lima porsi buah dan sayuran sehari.

Satu porsi adalah sekitar dua sendok makan untuk balita dan satu gelas untuk anak yang lebih besar.

Wortel, buncis, jeruk, hingga stroberi dapat menjadi pilihan utama untuk menu sayur dan buah Si Kecil, karena mengandung fitonutrien yang dapat meningkatkan imun bayi, seperti vitamin C dan karoten.

Fitonutrien dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan hormon tubuh untuk melawan infeksi, suatu antibodi yang melapisi permukaan sel dan menghalangi virus.

Dikutip dari parents.com, sebuah studi menunjukkan bahwa diet kaya fitonutrien juga dapat melindungi Si Kecil dari penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung di usia dewasa.

2. Maksimalkan Waktu Tidur

Foto: telegraph.co.uk

Dikutip dari parents.com, penelitian terhadap orang dewasa menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengurangi sel pembunuh alami yang merupakan senjata sistem kekebalan tubuh untuk menyerang mikroba dan sel kanker.

Hal ini rentan membuat tubuh terjangkit penyakit.

Untuk itu, pastikan Si Kecil mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Bayi baru lahir umumnya memerlukan waktu tidur sekitar 18 jam sehari, balita sekitar 12 hingga 13 jam waktu tidur, dan anak prasekolah membutuhkan sekitar 10 jam waktu tidur setiap harinya.

3. ASI Eksklusif

Foto: babycenter.com

ASI mengandung antibodi penambah imun bayi dan sel darah putih.

Ini bermanfaat untuk mencegah infeksi telinga, alergi, diare, pneumonia, meningitis, infeksi saluran kemih, hingga sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

“Kolostrum, "premilk" berwarna kuning muda yang keluar dari payudara selama beberapa hari pertama setelah melahirkan, juga sangat kaya akan antibodi penangkal penyakit”, ungkap Charles Shubin, M.D., profesor kedokteran anak di University of Maryland, Baltimore, seperti dikutip dari parents.com.

4. Imunisasi Lengkap

Foto: iamexpat.nl

Ikuti saran Dokter anak mengenai jadwal vaksinasi anak.

Imunisasi dimulai dari bayi dan berlanjut hingga dewasa untuk menguatkan imun bayi dari bahaya campak, gondong, cacar air, rotavirus dan infeksi lainnya.

“Dapatkan juga suntikan flu untuk Si Kecil setiap tahunnya,” ungkap Dokter anak Adriane Lioudis, MD, seperti dikutip dari health.clevelandclinic.org.

5. Biasakan Cuci Tangan

Foto: health.clevelandclinic.org

Bersentuhan dapat mentransmisikan hingga 80 persen infeksi.

Untuk itu, biasakan Si Kecil mencuci tangan setelah bersin, batuk, dan setelah selesai dari kamar mandi.

Ajari Si Kecil untuk mencuci tangan dengan air bersih dan sabun selama setidaknya 20 detik, untuk menghilangkan bakteri dan virus yang dapat mengganggu sistem imun bayi.

Itulah lima hal yang dapat Moms lakukan untuk membantu memaksimalkan sistem imun bayi.

Dengan membiasakan hal kecil ini, Si Kecil dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan tidak mudah terjangkit penyakit.

(GS)