Lifting migas jadi prioritas wakil kepala baru SKK Migas
Beritagar.id

1 week ago

Lifting migas jadi prioritas wakil kepala baru SKK Migas

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, Senin (12/8/2019), melantik Fatar Yani Abdurrahman sebagai Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas). Fatar menggantikan Sukandar yang telah memasuki usia pensiun.

Usai dilantik, Fatar menegaskan ingin memaksimalkan produksi migas siap jual (lifting), yang dari tahun ke tahun terus turun.

Fatar (53) sebelumnya adalah Deputi Operasi SKK Migas dan telah berkarier di industri hulu migas sejak 30 tahun lalu.

Ringkasan

• Fatar Yani Abdurrahman dilantik menjadi Wakil Ketua SKK Migas oleh Menteri ESDM, Ignasius Jonan, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (12/8/2019).

• Fatar Yani menggantikan Sukandar yang telah memasuki usia pensiun.

• Setelah menjabat sebagai wakil kepala SKK Migas, Fatar ingin memaksimalkan produksi migas siap jual (lifting). Maklum saja, realisasi lifting migas Indonesia dari tahun ke tahun terus turun.

• Hingga akhir tahun ini, Fatar memproyeksi lifting minyak hanya sekitar 96-97 persen dari target APBN atau sekitar 750 ribu barel per hari (BOPD). Salah satu penyebabnya adalah kebocoran migas dari sumur YYA-1 Blok Offshore North West Java (ONWJ).

• Untuk mengejar lifting gas, Fatar ingin mengupayakan integrasi antara produksi, pengembangan, hingga komersial gas bumi. Sebab, produksi gas baru bumi bisa dilakukan jika sudah ada pembelinya.

• Fatar Yani Abduarrahman akan berupaya untuk mendorong pengerjaan rencana pengembangan (Plan of Development/POD) proyek migas yang mangkrak. Fatar bilang SKK sedang mengidentifikasi proyek-proyek mangkrak tersebut, salah satunya proyek Ande-Ande Lumut di Blok Northwest Natuna.

• Selain melantik Wakil Ketua SKK Migas, Jonan juga melantik beberapa pejabat administrasi di lingkungan Kementerian ESDM. Tercatat ada sebelas pejabat yang dilantik termasuk Fatar.

• Dalam pelantikan tersebut, Jonan kembali menekankan pesan Presiden Joko Widodo soal fokus pembangunan lima tahun ke depan yang menekankan sektor sumber daya manusia.

• Jonan juga mengatakan, pelantikan kali ini adalah pelantikan terakhir berdasarkan jenjang senioritas. Ke depannya, pemberian jabatan akan dimulai lagi dengan jalur penilaian murni.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh cnbcindonesia.com dengan 6 pemberitaan, diikuti peringkat kedua medcom.id dengan 3 pemberitaan. selanjutnya katadata.co.id dengan 2 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 03:00 hingga 19:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 12:00 WIB dengan total 6 pemberitaan.

Jumlah berita per jam

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh katadata.co.id dengan 18 interaksi, diikuti peringkat kedua okezone.com dengan 13 interaksi. Selanjutnya cnbcindonesia.com dengan 11 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook

Sumber

finrollnews.com

katadata.co.id

okezone.com

merdeka.com

medcom.id

cnbcindonesia.com

tribunnews.com

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.

]]>