Cara Menikmati “Cuti” Jadi Penggemar Saat BTS Liburan
Mojok.co

1 week ago

Cara Menikmati “Cuti” Jadi Penggemar Saat BTS Liburan

MOJOK.CO – Boyband BTS liburan dua bulan dan hal ini jadi tantangan baru bagi penggemarnya. Bisa bertahan nggak, ya, mereka?

Agensi boyband BTS, Big Hit Entertainment, menuliskan pengumuman yang disambut dengan heboh oleh para penggemarnya yang disebut Army. Bukan berita soal tur konser lanjutan atau comeback , kabar yang dibawa merupakan pengumuman BTS liburan yang bakal diambil oleh seluruh member.

Melalui akun resminya di Twitter, Big Hit Entertainment menulis:

[공지] 방탄소년단 공식 장기 휴가 알림 (+ENG) pic.twitter.com/fV4Aw5UNY4

— BigHit Entertainment (@BigHitEnt) August 11, 2019

Dengan manisnya, Big Hit Entertainment menyebutkan BTS liburan dengan tujuan “untuk mengembalikan semangat dan mempersiapkan diri yang baru sebagai musisi dan kreator”. Lebih jauh, agensi ini juga “memberikan kesempatan kepada mereka (member BTS) untuk merasakan hidup yang normal selayaknya orang-orang berusia 20-an, meski sebentar”.

Pada titik ini, sudah sepantasnya kita me- review ulang perjalanan mereka. Untuk kamu ketahui, boyband yang berisikan Jin, Jimin, dan kawan-kawannya ini baruuuu saja menyelesaikan tur konser mereka, Love Yourself , pada April lalu, setelah sebelumnya dimulai sejak Agustus 2018 dan berlangsung di banyak kota di Asia, Eropa, Amerika, hingga Australia.

Apakah ini keputusan yang tepat? Tentu saja. Maksud saya, kamu yang kerja lima hari dalam seminggu aja kadang masih cari-cari celah biar bisa bolos dan tidur di atas kasur seharian, alih-alih berangkat kantor, kan??? Hmm???

Tapi, masalah justru muncul di lain sisi: Apa yang bakal Army lakukan selagi BTS liburan “dengan caranya masing-masing”?

Kalau kamu perhatikan media sosial, penggemar BTS ini cukup banyak yang mengeluh di lini masa. Mereka merasa, mereka bakal gabut segabut-gabutnya kala RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook liburan. Tak sedikit dari mereka menunjukkan kesedihannya, meski banyak yang mendukung liburan yang bakal berlangsung selama 2 bulan itu.

Duh, plis, lah. BTS ini baru mau pertama kali liburan sejak debut tahun 2013, loh. Bayangkan—dari tahun 2013. Setelah kerja selama 6 tahun, mereka baru mau dapet liburan. Setelah. Enam. Tahun.

Jadi, marilah berterima kasih pada Army yang menanggapi BTS liburan dengan positif dan turut menyampaikan semangat-semangat baik hati pada seluruh membernya. Tapi, tenang saja—bagi penggemar yang masih sedih dan merasa hidupnya bakal gabut kayak nggak punya real lifeaja , Mojok Institute punya beberapa saran yang bisa diikuti.

Pertama, alih-alih merasa kehilangan BTS liburan, penggemar bisa “berpaling” untuk sementara waktu.

Ayolah, kamu nggak penasaran apa sama SuperM yang mau didebutin sama SM Entertainment? Atau, deretan comeback di bulan Agustus oleh Weki Meki, Winner, Seventeen, hingga Taemin-nya SHINee?

Maaf-maaf saja, nih, tapi kamu nggak perlu setia-setia banget cuma mendengarkan lagu-lagu BTS doang, kok. Mendengarkan musik dari kelompok lain kan malah bagus untuk memperkaya ((( khazanah ke-KPop-anmu ))).

Kedua, mentang-mentang BTS liburan, nggak usahlah bersikap sok drama seakan-akan kamu nggak bisa ketemu mereka lagi, walaupun nyatanya kamu memang nggak bisa ketemu mereka karena kamu tinggal di negara yang berbeda.

Maksud saya, mereka ini kan cuma cuti liburan, bukannya pindah domisili ke Planet Mars. Kalau kangen, dengerin aja lagu-lagu lama mereka. Tonton video-video lama di banyak acara reality show. Ikuti aktivitas mereka di akun media sosial pribadi—tapi nggak usah membanjiri kolom komentarnya tiap 5 menit dengan kalimat semacam “Oppa, bogoshipo!” .

Duh. Tungguin aja, lah, Gengs. Tungguin. Nanti juga balik lagi, kok. Kalau orang pacaran dan putus aja bisa balikan, masa mereka yang lagi liburan nggak bisa balik?

Ketiga, nikmati hidupmu dengan identitas baru untuk sementara.

Ingat, Army-nya BTS belakangan ini sering mendapat cap sebagai fandom yang gampang tersulut emosi dan hobi fanwar. Daripada kerjamu emosi melulu, kenapa nggak coba melakukan eksperimen sosial selagi BTS liburan?

Ganti ava Korea-mu di media sosial, misalnya. Gunakan nama baru tanpa huruf hangul yang bikin orang mikir itu aksara Jawa atau bukan. Ikuti diskusi soal KPop atau non-KPop dengan kepala dingin. Pahami baik-baik apa yang membuat orang cenderung hobi menertawakan penggemar idola Korea.

Lalu, hasilnya buat apa?

Ya buat nulis di Terminal Mojok aja. Kan seru, tuh, kalau bikin tulisan judulnya kira-kira: “Saya KPoper yang Cuti Dua Bulan”.

Sungguh, BTS liburan, kamu pun juga perlu, Darling.

Loading...