Selain Keindahan Alam, Ini 4 Desa Wisata Budaya di Lombok yang Wajib Dikunjungi
kurio.co.id

1 week ago

Selain Keindahan Alam, Ini 4 Desa Wisata Budaya di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Traveling bukan hanya berguna untuk melepas penat dan stress. Tetapi juga memperluas wawasan, khususnya wawasan budaya di destinasi yang kita kunjungi. Lewat wisata budaya, kita dapat mengetahui bagaimana cara orang berpikir dan bertahan hidup.

Selain terdapat keindahan alam, Lombok juga tempat yang cocok untuk menggali wawasan budaya. Selain pantai dan pegunungan, kamu bisa melihat kebudayaan Lombok di desa-desa yang masih memegang teguh tradisi leluhur dan adat istiadat. Penasaran? Yuk, disimak!

Desa Banyumulek

Liburan terasa kurang afdol jika tak membawa buah tangan. Jika puas berwisata alam, mampirlah ke Desa Banyumulek untuk mencari oleh-oleh. Desa ini merupakan sentra oleh-oleh kerajinan dari gerabah. Kamu bisa mencari cinderamata untuk hiasan pribadi atau buah tangan untuk orang tersayang.

Tak hanya oleh-oleh, hampir seluruh bangunan di desa yang berada di Lombok Barat ini telah dihiasi dengan berbagai jenis gerabah. Unik bukan?

Desa Senaru

Selain terkenal karena wisata Sendang Gile yang adalah air terjun setinggi 60 meter, Desa Senaru juga terkenal dengan kekayaan budayanya. Seusai menikmati suasana di Sendang Gile, kamu wajib mampir ke Bayan Baleq, sebuah masjid tua yang dibangun sekitar abad ke-17.

Di sekitar masjid ini juga terdapat beberapa makam keramat. Masjid ini masih sering dijadikan tempat beribadah bagi warga sekitar meskipun usia nya sudah 300 tahun. Selain Masjid, di Desa Senaru juga terdapat Kaang Bajo, semacam rumah adat yang berbentuk gubug. Rumah tersebut biasanya ditempati oleh pemangku adat dan tetua masyarakat desa.

Desa Sade

Desa Sade merupakan desa tempat tinggal Suku Sasak, suku asli Lombok. Terdapat sekitar 700 jiwa masyarakat yang tinggal di desa ini. Pernikahan di Desa Sade dilakukan dalam satu rumpun, sehingga keaslian warganya masih terjaga.

Rumah-rumah warga Desa Sade dibangun dengan konsep yang sangat sederhana. Beratap alang-alang kering, dinding anyaman bambu, dan berlantaikan tanah liat. Meski sederhana, bangunan rumah di Desa Sade terbukti tahan gempa. Penasaran dengan apa yang membuat rumah di sana begitu kokoh? Yuk, mampir ke Desa Sade.

Desa Sukarara

Mau belajar buat kain tenun? Mampir ke Desa Sukarara aja! Desa Sukarara yang letaknya di Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, dikenal sebagai pusat pembuatan kain songket khas Lombok. Lokasi Desa Sukarara ini berjarak sekitar 25 Km dari Kota Mataram dan bisa diakses dengan kendaraan bermotor sekitar 30 menit.

Kamu juga bisa membeli kain tenun di desa ini untuk buah tangan. Harga kain tenun tergantung dari motif dan tingkat kesulitannya. Kualitas kain tenun atau songket di Desa Sukarara telah diakui hingga ke mancanegara, lho.

Nggak sabar ingin wisata budaya ke Lombok? Jangan ragu terbang ke Lombok, karena AirAsia sudah ada direct flight, lho! Nikmati penerbangan ke Lombok dengan harga murah, aman dan nyaman.

Nikmati free bagasi 15 kg dan kabin sebesar 7 kg dari AirAsia. Biar ngga cuma mengkhayal, klik di sini untuk terbang langsung Jakarta – Lombok dengan harga terjangkau. Terbang bersama AirAsia dan nikmati wisata budaya di Lombok. AirAsia: Now Everyone Can Fly!